Karanganyar – Salah satu dari anggota tim KKN-T, Erma Adiyani Astikasari (21) mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Slamet Riyadi Surakarta (31/07/2021) melakukan kegiatan sosialisasi yang sasaran utamanya adalah remaja atau pemuda karangtaruna dusun Tunggulrejo, Kecamatan Plesungan.
Tujuannya adalah untuk memberikan arahan kepada karang taruna tentang bagaimana mempromosikan wisata setempat. Salah satu wisata andalannya adalah Sendang Plesungan. Kegiatan dalam upaya promosi wisata ini dilakukan dengan mengajarkan bagaimana metode public speaking yang baik.
“Karena program kerja dari tim kecil yang kebetulan adalah metode branding dengan menggunakan sosial media karena lebih mudah diakses, apalagi dengan adanya pandemi covid-19. Maka menurut saya memberikan pengarahan tentang bagaimana cara kita mengenalkan pariwisata setempat dengan public speaking yang baik dan benar serta, pun dengan kepercayaan diri agar khalayak yang mendengar dapat tertarik untuk berkunjung ke tempat tersebut.” Ujar Erma.
Obyek wisata di desa Plesungan menawarkan wisata pemandian yang bernama Sendang Plesungan. Sendang Plesungan menawarkan berbagai wahana wisata berupa kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak, sepeda air, permainan edukatif anak-anak, hinggan paint ball yang untuk saat ini terkenda dampak dari pandemi yang menyebabkan turunnya pendapatan daerah dari sektor pariwisata.
Oleh karena itu, Erma Adiyani Astikasari dari program studi Ilmu Komunikasi Universitas Slamet Riyadi Surakarta mengajak karangtaruna untuk ikut berpartisipasi dalam mempromosikan wisata setempat dan bekerja sama dengan tim untuk sama-sama belajar tentang metode branding. Beberapa materi yang dipaparkan seputar pembuatan konsep video, editing, copyriting, managemet sosial media, penggunaan alat-alat pendukung dalam pembuatan konten dan pelatihan public speaking yang baik.
Untuk saat ini, promosi lewat video menarik di media sosial, apalagi jika viral, akan membantu menarik banyak pengunjung. Sebab, generasi muda pada umumnya tidak mau ketinggalan tren dan tak segan mencoba atau mendatangi hal-hal yang sedang banyak diperbincangkan di media sosial.