Pendahuluan: Kewirausahaan
Kewirausahaan diartikan sebagai hasil proses sistematis implementasi kreativitas dan inovasi guna memenuhi kebutuhan serta peluang yang tersedia di pasar (Zimmerer, 1996 dalam (Yusi et al., 2022)).
Sedangkan menurut Marire et al., (2017) Kewirausahaan dimaknai sebagai pendirian suatu usaha dalam rangka memberikan dampak bagi kemakmuran suatu bangsa, penciptaan lapangan kerja dan juga taraf hidup bagi perekonomian suatu negara yang lebih baik.
Sehingga, banyaknya jumlah wirausaha dibandingkan dengan jumlah penduduk akan berdampak positif bagi kondisi sosial ekonomi sebuah negara. Kepentingan ini membuat kewirausahaan menjadi pandangan bahwa kewirausahaan menjadi pendorong utama kemajuan dan perluasan sosial ekonomi karena akan menciptakan lebih banyak kesempatan kerja dan berdampak pada kekayaan suatu bangsa (Marire et al., 2017)
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur berbagai faktor yang mempengaruhi niat menjadi wirausahawan sosial pada generasi muda. Adapun mahasiswa program studi Manajemen Bisnis Syariah, UIN Raden Mas Said Surakarta dipilih sebagai responden. Penelitian ini memiliki empat variabel independen yaitu (pengalaman terdahulu, empati, efikasi diri dan dukungan sosial).Sedangkan satu variabel dependen yaitu niat berwirausaha sosial.
Peneliti memilih menggunakan metode kuantitatif sebagai pendekatan serta menggunakan kuesioner sebagai instrumen dalam mengumpulkan data. Populasi pada penelitian ini berjumlah 2097 orang yang terdiri dari mahasiswa semester 4 dan 6 di tahun 2022.
Analisis regresi linier berganda diterapkan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Hasil uji parsial, menunjukkan bahwa empat variabel independent berpengaruh positif signifikan terhadap variabel dependen.
Selanjutnya, secara simultan keempat variabel berpengaruh signifikan terhadap niat wirausaha sosial. Empat variabel independent pada penelitian ini dapat menjelaskan 33,7% variasi niat kewirausahaan, sedangkan sisanya (66,3%) dijelaskan oleh berbagai variabel diluar penelitian ini.
Baca selengkapnya pada tautan berikut: Jurnal Social Entrepreneurship