Penulis: Alfia Taris Nawangsih
PENDAHULUAN
Desa Glintang merupakan desa yang terletak di Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah Indonesia. Secara geografis desa ini terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Desa Glintang memiliki kondisi geografis yang beragam. Bagian utara desa ini terbentang lereng pegunungan dengan keindahan perbukitan dan hutan yang menghiasi wilayah ini. Bagian selatan desa ini merupakan dataran rendah yang subur dan cocok untuk pertanian. Salah satu ciri khas geografis Desa Glintang adalah adanya Sungai Serang yang melintasi desa ini. Sungai ini menjadi sumber air bagi masyarakat desa serta digunakan sebagai tempat untuk berbagai kegiatan seperti mandi mencuci dan mengairi persawahan. Desa Glintang juga dikelilingi oleh beberapa desa lainnya seperti Desa Tambakromo di sebelah utara Desa Krebet di sebelah selatan Desa Punggelan di sebelah timur dan Desa Sambi di sebelah barat.
Program KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan suatu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kurikulum pendidikan tinggi. Program ini bertujuan untuk menghubungkan mahasiswa dengan masyarakat sehingga mereka dapat menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari dalam dunia nyata. Dalam konteks program KKN yang bertujuan menumbuhkan karakter profil pelajar Pancasila kepada siswa-siswi SDN 01 Glintang melalui gerakan senam profil pelajar Pancasila tujuan utamanya adalah menciptakan generasi muda yang memiliki kepribadian yang baik dan berlandaskan nilai-nilai Pancasila.
Melalui senam profil pelajar Pancasila siswa-siswi akan diajak untuk mengenal memahami dan menginternalisasi karakteristik pelajar yang patut dicontoh. Gerakan senam profil pelajar Pancasila ini dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler di sekolah atau di luar jam pelajaran. Senam ini memiliki variasi gerakan yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong disiplin keadilan persatuan dan lain sebagainya. Dengan melibatkan siswa-siswi dalam gerakan senam ini diharapkan mereka akan mampu memahami dan menghayati nilai-nilai tersebut secara aktif. Selain itu program KKN juga dapat menggandeng pihak lain seperti Dinas Pendidikan
dan Komite Sekolah untuk mendukung kegiatan ini. Dengan melibatkan berbagai pihak program ini dapat lebih efektif dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Melalui program KKN yang fokus terhadap senam profil pelajar Pancasila siswa-siswi SDN 01 Glintang dapat belajar untuk menjadi pribadi yang memiliki karakter yang kuat dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. Melalui gerakan senam ini mereka dapat memperoleh pengalaman langsung yang dapat membantu mereka mengenali dan menginternalisasi karakteristik Pelajar Pancasila. Dengan demikian program KKN ini memiliki potensi besar untuk memberikan dampak positif pada pembentukan karakter siswa- siswi SDN 01 Glintang sehingga mereka dapat menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki kepribadian yang baik beradab dan berlandaskan Pancasila.
METODE
Metode penelitian yang digunakan dalam menumbuhkan karakter profil pelajar Pancasila kepada siswa-siswi SDN 01 Glintang adalah melalui gerakan senam profil pelajar Pancasila. Gerakan senam ini di rancang khusus agar memberikan pengalaman yang interaktif bagi siswa- siswi dalam mengenal, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Dalam pengembangan gerakan senam profil pelajar Pancasila sudah mencakup serangkaian langkah gerakan yang menggambarkan nilai-nilai Pancasila secara visual dan dinamis sehingga dapat menyesuaikan karakteristik fisik dan kognitif siswa-siswi SDN 01 Glintang.
Dengan menggunakan metode gerakan senam profil pelajar Pancasila diharapkan siswa-siswi SDN 01 Glintang dapat mengenal,memahami, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, sehingga dapat membuat siswa-siswi tidak bosan dan memiliki pengalaman yang menyenangkan.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Gerakan senam profil pelajar Pancasila dapat menjadi sebuah metode yang efektif untuk menumbuhkan karakter profil pelajar Pancasila kepada siswa-siswi di SDN 01 Glintang. Dalam gerakan senam ini siswa-siswi tidak hanya melakukan gerakan fisik tetapi juga belajar tentang nilai-nilai dan prinsip-prinsip Pancasila. Salah satu manfaat dari gerakan senam profil pelajar Pancasila adalah dapat meningkatkan kecintaan dan rasa bangga pada Pancasila sebagai ideologi negara.
Melalui gerakan senam ini siswa-siswi diajak untuk mengenal memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila secara aktif. Dalam setiap gerakan senam mereka dapat memvisualisasikan prinsip-prinsip Pancasila seperti persatuan gotong royong keadilan sosial demokrasi dan ketuhanan yang maha esa. Selain itu gerakan senam profil pelajar Pancasila juga dapat membantu mengembangkan sikap positif siswa-siswi terhadap sesama dan lingkungan.
Melalui gerakan yang dilakukan bersama-sama siswa-siswi diajak untuk saling bekerja sama membantu satu sama lain dan menghormati perbedaan di antara mereka. Gerakan ini juga dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan di sekitar mereka karena dalam gerakan senam ini biasanya melibatkan gerakan-gerakan yang merepresentasikan keberagaman alam dan lingkungan. Selain itu gerakan senam profil pelajar Pancasila juga dapat membantu meningkatkan kesadaran siswa-siswi akan pentingnya nilai-nilai moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari.
Melalui gerakan senam ini mereka dapat belajar tentang nilai-nilai seperti jujur disiplin tanggung jawab sabar saling menghormati dan lain sebagainya. Gerakan-gerakan ini diterapkan dalam gerakan fisik yang melibatkan kekuatan keuletan keseimbangan dan kebersamaan sehingga siswa- siswi dapat memahami dan menginternalisasi nilai-nilai tersebut secara konkret.
Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas gerakan senam profil pelajar Pancasila juga dapat memberikan pendidikan karakter yang lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa-siswi. Dalam gerakan senam ini siswa-siswi dapat mengembangkan kreativitas berkreasi dengan gerakan-gerakan baru dan menyampaikan pesan-pesan moral dan nilai-nilai Pancasila melalui gerakan tubuh mereka. Gerakan senam ini juga dapat menumbuhkan rasa kebersamaan semangat gotong royong kepercayaan diri dan kegembiraan dalam belajar.
Dengan demikian gerakan senam profil pelajar Pancasila bisa menjadi sarana yang efektif dalam menumbuhkan karakter profil pelajar Pancasila kepada siswa-siswi di SDN 01 Glintang. Melalui gerakan ini siswa-siswi dapat mengenal memahami dan menginternalisasi nilai-nilai dan prinsip-prinsip Pancasila secara aktif serta mengembangkan sikap positif kesadaran moral dan keterampilan sosial. Gerakan senam profil pelajar Pancasila menjadi pendekatan yang menarik dan menyenangkan dalam membentuk karakter pelajar yang baik dan menginspirasi.
PENUTUP
Melalui gerakan senam profil pelajar Pancasila siswa-siswi SDN 01 Glintang dapat dikembangkan karakter dan nilai-nilai Pancasila yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Gerakan senam ini menekankan pentingnya menghargai perbedaan saling menghormati bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik. Dengan mengadopsi nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong persatuan dan demokrasi siswa-siswi akan terbentuk menjadi individu yang bertanggung jawab beradab berdedikasi dan penuh rasa persaudaraan.
Senam profil pelajar Pancasila juga dapat meningkatkan kebugaran fisik mereka seiring dengan pengembangan karakter dan nilai-nilai tertentu. Selain itu melalui gerakan senam profil pelajar Pancasila siswa-siswi juga dapat lebih memahami arti penting simbol-simbol dan makna dalam Pancasila. Hal ini akan mengembangkan pemahaman mereka tentang nasionalisme memperkuat rasa bangga sebagai warga negara Indonesia dan menghormati keragaman budaya.
Dengan demikian gerakan senam profil pelajar Pancasila menjadi salah satu langkah efektif untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada siswa-siswi SDN 01 Glintang dan membantu mereka tumbuh menjadi generasi muda yang memiliki karakter yang kokoh dan cinta terhadap tanah air.
DAFTAR PUSTAKA
Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Pendidikan dan Kebudayaan. (2002). Panduan penanaman nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Setiyawati A. (2016). Pendidikan karakter berbasis seni gerak “Pantang Menyerah”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiono M & Suyitno I. (2018). Pendidikan karakter: implementasi nilai-nilai Pancasila dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter 8( 1 62- 72)
Syaodih E Kurniawati & Hidayat R. (2020). Pendidikan karakter profil pelajar Pancasila melalui senam ragam locomotor pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Karakter 10 ( 1 68-77)