• TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
FORKA
Indonesia Imaji
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
FORKA
No Result
View All Result

Orang-Orang Kreatif

FORKA INDONESIA by FORKA INDONESIA
December 22, 2024
in OPINI
0
Orang-Orang Kreatif

Halftone hand shows bulb. Concept of creative idea or brainstorm. Vector illustration with paper cut out elements. Retro poster or banner. Creative trend collage.

0
SHARES
119
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Penulis: Muhammad Luthfi Hamdani

Kita butuh lebih banyak orang kreatif untuk lebih maju. Kreatifitas yang bukan sekadar slogan, namun seperangkat keterampilan untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan lebih bernilai.

Hilirnya bisa berupa aset intangible maupun objek fisik. Namun hulu dari kreatifitas ini adalah manusia bisa mendayagunakan akal pikirannya untuk menghasilkan (berkreasi pada) teknologi, produk maupun jasa baru yang lebih bernilai. Produk dari kreatifitas yang kelak mampu menggerakkan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Kuliah bisnis digital terbaik di Solo Raya

Merujuk pada “Model Pertumbuhan Solow” maupun model pertumbuhannya Joseph Schumpeter, kekuatan kreatif para inovator adalah pendorong terjadinya inovasi.

Pada model ini kita mengenal konsep “Destruksi Kreatif”, dimana terjadi perombakan praktik dan struktur lama dalam aktifitas ekonomi dan digantikan oleh praktik dan struktur yang baru. Jadi tanpa proses kreatif ini, perekonomian dan standar hidup masyarakat akan stagnan.

Orang kreatif (dan inovatif) itu intinya bisa membuat penemuan (invention) atau bisa melakukan kegiatan penciptaan nilai (creation of value). Selain berpikiran terbuka, berani atas risiko sejauh bisa diperhitungkan dan sensitif pada permasalahan.

Sayangnya, data Global Creativity Index tahun 2016 menempatkan Indonesia pada peringkat 115 dari 139 negara yang dikaji.

Sementara dari laporan Global Innovation Index tahun 2023 kita meningkat ke posisi 61 dari semula posisi 75 di tahun 2022. Sudah lebih baik dari input maupun output.

Pada tahun 2020, Focus Economy Outlook merilis laporan bahwa ekonomi kreatif kita menyumbang 1.100 triliun pada PDB. Secara berurutan kategori terbesar adalah kuliner, fashion, kerajinan, media, penerbitan, arsitek, pengembang aplikasi, iklan, music, fotografi, dlsb. Masih besar potensi ekonominya, belum yang dihasilkan pada proses intra korporasi.

Kreatfitas jelas penting. Tentu saja bisa dilatih. Beberapa teknik yang perlu dipelajari misalnya memunculkan dan validasi ide, berpikir divergen, membingkai dan memecahkan masalah (problem), hingga ekspresi artistik.

Namun yang tidak kalah penting adalah menyiapkan ekosistem, investasi dan iklim organisasi yang kelak mendukung kreatifitas. Baik oleh swasta maupun pemerintah.

Penulis: Luthfi Hamdani

Previous Post

Urban Farming

Next Post

Puasa Ramadhan 2024

Next Post
Puasa Ramadhan 2024

Puasa Ramadhan 2024

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STAY CONNECTED

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

March 9, 2024
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

January 23, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

October 17, 2024
Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

5
Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

4
BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

2
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

1
The Seroja Smart House; A Project Proposal

The Seroja Smart House; A Project Proposal

June 5, 2025
Forka Impact Lab; A Business Project Idea

Forka Impact Lab; A Business Project Idea

June 5, 2025
Petaka Literasi dan Nalar Kritis Rendah

Petaka Literasi dan Nalar Kritis Rendah

June 5, 2025
Gelar RTAR ke-10, Kader Perempuan Terpilih Menjadi Ketua PMII Rayon Mohammad Hatta

Gelar RTAR ke-10, Kader Perempuan Terpilih Menjadi Ketua PMII Rayon Mohammad Hatta

June 2, 2025
  • Penggolongan Koperasi

    Penggolongan Koperasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Lima Elemen Kualitas Layanan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • MENGENAL PHILIP KOTLER DAN PEMASARAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
FORKA

A research and training center focus on economic empowerment base on social entrepreneurship and digital technology #IndonesiaBerdaya

Email: idforka@gmail.com
Whatsapp: 0851-5840-5844

RECENT NEWS

The Seroja Smart House; A Project Proposal

The Seroja Smart House; A Project Proposal

June 5, 2025
Forka Impact Lab; A Business Project Idea

Forka Impact Lab; A Business Project Idea

June 5, 2025
Petaka Literasi dan Nalar Kritis Rendah

Petaka Literasi dan Nalar Kritis Rendah

June 5, 2025

POPULAR POST

Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

March 9, 2024
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

January 23, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
  • TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI

© 2021 Forka Indonesia

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI

© 2021 Forka Indonesia