• TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
FORKA
Indonesia Imaji
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
FORKA
No Result
View All Result

Pitching Bisnis

FORKA INDONESIA by FORKA INDONESIA
January 21, 2025
in AKADEMI
0
Pitching Bisnis

Business people watching a presentation on the whiteboard. A man is writing on the whiteboard with charts and graphs. They are sitting in a board room, there are laptop computers and technology on the table. All are casually dressed. There is a window behind him with city views.

0
SHARES
34
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Aktifitas yang sangat perlu dilakukan wirausahawan adalah mengenalkan bisnisnya kepada calon investor ataupun pelanggan. Tujuannya adalah agar mendapatkan pendanaan usaha serta menarik pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

MENGENAL KONSEP PITCH BISNIS

Komunikasi pertama yang sering dilakukan seorang pengusaha dengan calon investor adalah mengirimkan ringkasan eksekutif satu halaman untuk dipertimbangkan. Selanjutnya, calon investor atau kelompok investasi memilih ide usaha mana yang akan dipertimbangkan lebih lanjut dengan mengundang pitch deck atau promosi bisnis yang sebenarnya (Krukowski et al., 2023).

Buku promosi (pitch book) adalah dokumen penjualan yang dibuat oleh bank atau perusahaan investasi yang merinci atribut utama perusahaan, yang kemudian digunakan oleh tenaga penjualan perusahaan untuk membantu menjual produk dan layanan serta menghasilkan klien baru.

Pitchbook adalah panduan yang berguna bagi tenaga penjualan untuk mengingat manfaat penting dan memberikan bantuan visual saat melakukan presentasi kepada klien (Investopedia, 2020).

Dalam bisnis di era digital, pitching mengacu pada aktifitas mempresentasikan ide bisnis kepada pihak lain. Misalnya, Anda dapat menawarkan startup Anda kepada calon investor atau produk Anda kepada calon pelanggan.

Promosi bisnis yang tepat dapat memberi audiensnya pemahaman yang jelas tentang rencana atau tujuan startup untuk mendapatkan dukungan. Untuk melakukan ini, startup harus mengumpulkan dan berbagi penelitian yang relevan atau memberikan visi yang menarik. Ketika melakukan pitch secara efektif, Anda dapat memotivasi dan membujuk audiens untuk mengikuti ide yang disampaikan dan mewujudkannya (indeed, 2021).

Pitch dapat digunakan ketika bisnis rintisan (startup) ingin memperoleh dukungan dari audiencenya dalam hal ide yang ditawarkan untuk memasarkan produk/jasanya.

Pitching merupakan hal yang harus dilakukan oleh semua startup baik untuk mencari investor, pelanggan dan klien, ataupun hanya mencoba meyakinkan anggota keluarga dan kerabat bahwa startup memiliki apa yang diperlukan untuk berhasil dalam bisnis.

JENIS-JENIS PITCH

Berdasarkan tipe audiens dan tujuannya, pitching dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut (Dellyana et al., 2021):

  1. Pitching to investors or customers: Profesional biasanya menggunakan promosi bisnis untuk mendapatkan investor dalam bisnis baru atau yang sedang berkembang atau menjual produk atau layanan bisnis kepada pelanggan. Berikut adalah beberapa jenis pitch yang digunakan dalam situasi ini:
    • Sales pitch: Sales pitch adalah pesan singkat yang menarik perhatian audiens dan menguraikan rencana bisnis startup atau produk dan layanan yang ditawarkan.
    • Pitch deck: Pitch deck adalah presentasi slide yang menguraikan rencana bisnis startup kepada calon investor.
    • Interrogative pitch: Saat berbicara dengan pelanggan, startup dapat memulai promosi dengan serangkaian pertanyaan. Pertanyaan berfokus pada masalah yang pelanggan hadapi dan bagaimana startup dapat menyelesaikannya. Misalnya, startup dapat meminta pelanggan untuk menyebutkan tantangan mereka yang paling signifikan. Pertanyaan-pertanyaan ini bertujuan untuk menarik rasa ingin tahu dan membuat mereka ingin mempelajari lebih lanjut tentang penawaran startup.
  2. Pitching in the workplace: Pitching di tempat kerja umumnya dilakukan dengan jenis pitch seperti, seperti pitch elevator dan pitch deck. Jika startup memiliki ide untuk proyek atau inisiatif baru di tempat kerja, maka dapat menggunakan pitch deck untuk menguraikan rencana dan menunjukkan potensi manfaatnya. Untuk memajukan karir startup, maka dapat menggunakan elevator pitch untuk meringkas nilai startup sebagai karyawan saat mengajukan promosi atau kenaikan gaji.
  3. Pitching when networking: Ketika menjalin jejaring, startup juga dapat menggunakan elevator pitch untuk ‘menjual diri’ kepada calon pemberi kerja atau koneksi. Dalam 30 hingga 60 detik, promosi ini harus mampu menguraikan kualifikasi, keterampilan, atau pencapaian unik yang membuat startup berharga. Buatlah kesan yang tak terlupakan yang dapat mengarah pada peluang baru. Setelah itu, cobalah menawarkan kartu nama untuk memberikan pengingat nyata tentang siapa Anda.
Previous Post

Mengembangkan Kreativitas Bisnis

Next Post

Strategi Digital Marketing

Next Post
Strategi Digital Marketing

Strategi Digital Marketing

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STAY CONNECTED

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

June 29, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

October 17, 2024
Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

5
Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

4
BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

2
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

1
Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

July 12, 2025
Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

July 9, 2025
Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

July 9, 2025
Mahasiswa KKN Untidar Revitalisasi Lapangan Desa Selokromo Bersama Pemuda

Mahasiswa KKN Untidar Revitalisasi Lapangan Desa Selokromo Bersama Pemuda

July 9, 2025
  • Penggolongan Koperasi

    Penggolongan Koperasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Lima Elemen Kualitas Layanan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • MENGENAL PHILIP KOTLER DAN PEMASARAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
FORKA

A research and training center focus on economic empowerment base on social entrepreneurship and digital technology #IndonesiaBerdaya

Email: idforka@gmail.com
Whatsapp: 0851-5840-5844

RECENT NEWS

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

July 12, 2025
Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

July 9, 2025
Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

July 9, 2025

POPULAR POST

Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

June 29, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
  • TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI

© 2021 Forka Indonesia

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI

© 2021 Forka Indonesia