• TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
FORKA
Indonesia Imaji
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
FORKA
No Result
View All Result

Strategi Menangkap Peluang Usaha di Era Digital

FORKA INDONESIA by FORKA INDONESIA
November 23, 2024
in AKADEMI
0
Strategi Menangkap Peluang Usaha di Era Digital

commercial illustrator

0
SHARES
92
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Mengidentifikasi dan mengembangkan peluang adalah inti dari pembahasan kewirausahaan. Inti dari kewirausahaan berkisar pada pertanyaan:

“mengapa, kapan, dan bagaimana peluang untuk menciptakan barang dan jasa di masa depan muncul dalam perekonomian?”

Konsep Peluang Usaha

Venkataraman (2000) dalam (Mishra & Zachary, 2015; 50) memandang peluang bisnis sebagai “situasi di mana barang, jasa, bahan mentah, dan metode pengorganisasian baru dapat diperkenalkan dan dijual dengan harga yang lebih besar daripada biaya produksinya”. Menurut (Barringer & Ireland, 2010) peluang adalah serangkaian keadaan yang menguntungkan yang menciptakan kebutuhan akan produk, layanan, atau bisnis baru.

Peluang usaha adalah kesempatan untuk memulai bisnis dengan memanfaatkan berbagai faktor yang ada, seperti pasar dan sumber daya yang tersedia. Faktor yang mempengaruhi peluang usaha antara lain ketersediaan modal, pengetahuan dan keahlian, lokasi, persaingan, dan kebutuhan pasar. Untuk mengidentifikasi peluang usaha yang tepat, perlu melakukan riset pasar, mempertimbangkan modal dan keahlian yang dimiliki, serta menganalisis kondisi persaingan dan kebutuhan pasar.  (Parhusip et al., 2023)

Adapun definisi peluang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kesempatan. Sedangkan bisnis adalah suatu individu/organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba (kbbi.web.id). Maka dapat disimpulkan peluang bisnis adalah kesempatan suatu individu/organisasi dalam menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba.

Mencari dan Menciptakan Peluang Usaha Digital

Ada tiga pendekatan yang digunakan pengusaha untuk mengidentifikasi peluang yang dapat dipilih oleh usaha baru mereka (Barringer & Ireland, 2010), yaitu:

  1. Observasi tren
  2. Menyelesaikan masalah
  3. Menemukan kesenjangan/gap di pasar

Ketiga pendekatan tersebut dijelaskan ulang dalam pemaparan berikut:

Observasi Tren.

Pada pendekatan ini, identifikasi peluang dilakukan dengan mengamati tren dan mempelajari bagaimana tren tersebut menciptakan peluang bagi wirausahawan untuk mengejarnya. Tren yang paling penting untuk diikuti adalah tren ekonomi, tren sosial, kemajuan teknologi, serta tindakan politik dan perubahan peraturan.

  1. Tren Ekonomi. Ketika perekonomian kuat, masyarakat mempunyai lebih banyak uang untuk dibelanjakan dan bersedia membeli produk dan layanan yang meningkatkan kehidupan mereka. Penting untuk mengevaluasi siapa yang mempunyai uang, siapa pengambil keputusan keuangan dalam keluarga dan untuk apa mereka membelanjakannya. Misalnya peningkatan jumlah pekerja perempuan dan peningkatan pendapatan yang dapat dibelanjakan, sebagian besar berdampak atas jumlah pengecer online dan toko pakaian butik yang menargetkan perempuan profesional dalam beberapa tahun terakhir.
  2. Tren Sosial. Seringkali, alasan keberadaan suatu produk atau layanan lebih berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan sosial dibandingkan kebutuhan yang tampak dipenuhi oleh produk tersebut. Keberadaan restoran cepat saji, misalnya, bukan disebabkan oleh kecintaan masyarakat terhadap makanan cepat saji, namun karena masyarakat sibuk dan sering tidak punya waktu untuk memasak sendiri. Demikian pula, situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram tidak populer karena dapat digunakan untuk memposting informasi dan foto di situs web. Mereka populer karena memungkinkan orang untuk terhubung dan berkomunikasi satu sama lain, yang merupakan kecenderungan alami manusia.
  3. Tren Teknologi. Kemajuan teknologi juga memberikan peluang untuk membantu orang melakukan tugas sehari-hari dengan cara yang lebih baik dan nyaman. Misalnya keberadaan aplikasi Zoom Meeting yang memudahkan kita melaksanakan rapat secara daring.

Baca Juga: Buku Referensi Membangun Bisnis di Era Digital

Menyelesaikan Masalah (Solving a Problem)

Pendekatan kedua untuk mengidentifikasi peluang adalah dengan mengenali masalah dan menemukan cara untuk menyelesaikannya. Masalah dapat dikenali dengan mengamati tantangan yang dihadapi orang dalam kehidupan sehari-hari dan melalui cara yang lebih sederhana, seperti intuisi, atau secara kebetulan. Masih banyak permasalahan yang belum terselesaikan di masyarakat. Dengan memperhatikan masalah dapat mengarahkan kita pada pengenalan ide bisnis. Philip Kotler, seorang ahli pemasaran, berkata:

“Carilah masalah. Orang-orang mengeluh tentang sulitnya tidur sepanjang malam, membersihkan rumah yang berantakan, mencari liburan yang terjangkau, menelusuri asal usul keluarga, menyingkirkan rumput liar di taman, dan sebagainya.”

Menemukan kesenjangan di pasar

Ada banyak contoh produk yang dibutuhkan atau diinginkan konsumen yang tidak tersedia di lokasi tertentu atau tidak tersedia sama sekali. Sebagian dari masalah ini disebabkan oleh pengecer besar, seperti Alfamart dan Indomaret, yang bersaing terutama dalam hal harga dan menawarkan barang-barang paling populer yang ditargetkan kepada konsumen umum.

Meskipun pendekatan ini memungkinkan pengecer besar mencapai skala ekonomi (economies of scale), namun hal ini masih menyisakan kesenjangan di pasar. Inilah alasan keberadaan toko-toko kelontong kecil, toko dengan produk-produk khusus, dan situs e-commerce. Bisnis-bisnis ini bersedia membawa barang dagangan yang tidak terjual dalam jumlah yang cukup besar.

Previous Post

Model Pengambilan Keputusan Konsumen

Next Post

Rayon Syariah Sukses Gelar Masa Penerimaan Anggota Baru

Next Post
Rayon Syariah Sukses Gelar Masa Penerimaan Anggota Baru

Rayon Syariah Sukses Gelar Masa Penerimaan Anggota Baru

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STAY CONNECTED

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

June 29, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

October 17, 2024
Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

5
Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

4
BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

2
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

1
Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

July 12, 2025
Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

July 9, 2025
Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

July 9, 2025
Mahasiswa KKN Untidar Revitalisasi Lapangan Desa Selokromo Bersama Pemuda

Mahasiswa KKN Untidar Revitalisasi Lapangan Desa Selokromo Bersama Pemuda

July 9, 2025
  • Penggolongan Koperasi

    Penggolongan Koperasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Lima Elemen Kualitas Layanan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • MENGENAL PHILIP KOTLER DAN PEMASARAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
FORKA

A research and training center focus on economic empowerment base on social entrepreneurship and digital technology #IndonesiaBerdaya

Email: idforka@gmail.com
Whatsapp: 0851-5840-5844

RECENT NEWS

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

July 12, 2025
Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

July 9, 2025
Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

July 9, 2025

POPULAR POST

Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

June 29, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
  • TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI

© 2021 Forka Indonesia

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI

© 2021 Forka Indonesia