Instagram adalah salah satu perusahaan terdepan dalam mendorong penggunaan konten visual sebagai alat pemasaran. Dengan hampir satu miliar pengguna aktif bulanan, Instagram adalah alat yang ampuh untuk mempromosikan bisnis Anda dan menjangkau pelanggan potensial baru.
Instagram adalah platform hemat biaya yang membutuhkan minimal 6 jam dalam seminggu untuk meningkatkan kesadaran dan pengakuan masyarakat terhadap bisnis Anda serta meningkatkan penjualan dengan hampir tidak ada beban keuangan. Mendapatkan pengikut nyata di Instagram harus menjadi bagian penting dari strategi pemasaran setiap bisnis. Ini adalah elemen kunci untuk meningkatkan keberhasilan bisnis saat ini.
Instagram memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi
Instagram memiliki tingkat keterlibatan tertinggi dibandingkan setiap jaringan media sosial. Dengan kata lain, audiens Anda tidak hanya melihat iklan Anda, mereka berinteraksi dengan anda secara lebih intens daripada setiap channel media sosial lainnya.
Tingkat rata-rata keterlibatan per-akun di Instagram adalah 4%. Hal ini akan berbeda tergantung pada industry apa perusahaan Anda bergerak. Misalnya, tingkat keterlibatan dari belanja dan rekening ritel akan jauh berbeda dari keterlibatan akun tokoh masyarakat.
Bahkan kemudian, Instagram masih memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dari semua jaringan media sosial lainnya. Berdasarkan penelitian oleh Forrester, fungsi recall iklan dari iklan Instagram adalah sekitar 2,8x lebih tinggi dari ingatan iklan dari jaringan media sosial lainnya (recall iklan adalah cara yang lebih efektif untuk mengukur kinerja iklan dari jumlah tayangan).
Konsumen juga 58 kali lebih mungkin untuk terlibat dengan konten bermerek di Instagram dibandingkan dengan Facebook dan 120 kali dibandingkan dengan Twitter.
Pengunjung baru ke halaman Instagram menghabiskan lebih banyak waktu pada setiap halaman dari jaringan media sosial lainnya, termasuk Twitter, Facebook, dan Pinterest. Ini berarti bahwa Instagram lebih mungkin untuk menarik pengguna baru dan mendorong mereka ke situs web Anda sebagai lalu lintas rujukan.
Peningkatan kesadaran merek
Jaringan media sosial sejauh ini jadi metode yang paling efektif untuk meningkatkan visibilitas merek Anda ketika memasuki ranah pemasaran digital. Instagram memberikan Anda akses ke jutaan pengguna dalam waktu singkat.
Instagram membuat penggunanya mudah untuk menemukan foto baru, membuat teman baru dan menemukan bisnis baru melalui hashtag, saran kurasi dan tab pencarian.
Untuk memulainya, buatlah profil media sosial untuk bisnis Anda dan mulai berinteraksi dengan orang lain. Dapatkan karyawan, mitra media sosial dan sponsor dengan menyukai dan berbagi konten. Saling membagikan post masing-masing adalah cara membuka dunia untuk jaringan baru dari individu yang kemudian dapat tumbuh menjadi pelanggan potensial.
Dengan menginvestasikan waktu mereka di Instagram, 91% dari pemasar mengklaim telah memiliki hasil positif dalam hal pertumbuhan pengikut mereka dan telah meningkatkan eksposur merek mereka.
Akses ke sarana penargetan (targeting tools) yang komprehensif
Ketika Instagram pertama kali diluncurkan, ia dengan cepat dibeli oleh Facebook, hampir sebulan setelah dirilis ke publik. Selanjutnya seluruh model bisnis Instagram terjalin erat Facebook.
Selain Google, Facebook dikenal memiliki algoritma penargetan iklan yang paling kompleks dan komprehensif di dunia. Begitu Instagram bergabung dengan Facebook, Instagram perlahan-lahan diberikan akses ke teknologi yang sama dan mulai dilakukan pencocokan oleh Facebook dalam hal skala dan kemampuan.
Facebook telah memberi Anda akses ke iklan konten Anda dengan usia, lokasi, kepentingan dan perilaku umum. Instagram sekarang memberikan Anda akses ke sarana yang sama.
Michelle Thomson, seorang spesialis konten media sosial dan layanan penulisan esai mengatakan bahwa ketika memasuki wilayah pemasaran, lebih tepatnya apabila Anda dapat menentukan target audiens Anda, maka semakin besar kemungkinan kampanye pemasaran Anda akan menjadi sukses.
Instagram juga memiliki akses terhadap fitur penargetan ulang yang dimiliki Facebook. Penargetan ini dengan ‘dingin’ menjangkau orang-orang yang belum melihat atau mendengar tentang merek Anda sebelumnya. Penargetan dari Facebook ini membuat mereka yang masih ‘dingin’ menjadi panas dengan menerima ide-ide Anda dan produk anda sebelum menjadi pembeli, atau lebih baik lagi: menjadi pembeli berulang.
Penargetan ulang, di sisi lain, berarti menargetkan orang-orang yang telah mendengar tentang merek Anda untuk menarik mereka menuju pembuatan keputusan pembelian. Cara paling umum yang mencapai ini adalah dengan menargetkan orang yang mengunjungi website Anda atau berlangganan newsletter Anda.
Ini adalah fitur yang berguna untuk memiliki karena memungkinkan pemasar banyak fleksibilitas berlaitan dengan strategi pemasaran Instagram. Anda dapat membuat penargetan ulang pemirsa berdasarkan fitur seperti keterlibatan posting akun Instagram Anda, daftar email kustom dan bagian lain dari data yang Anda miliki.
Iklan Instagram memiliki hasil yang bagus
Instagram menjadi media sosial dengan tingkat keterlibatan tertinggi di internet, sehingga membayar ruang iklan di Instagram bisa terbayar dengan cepat. Menggabungkan kemampuan penargetan iklan Instagram dan tingkat keterlibatan pengguna yang tinggi, membayar iklan di Instagram bisa meningkatkan kemungkinan posting Anda akan mendapatkan perhatian, pengikut baru dan pelanggan baru.
Instagram memberikan Anda akses ke berbagai alat yang dapat digunakan untuk menggerakkan bisnis ke situs web Anda, aplikasi, atau ke teks Anda di WhatsApp dan Messenger jika Anda inginkan. Dalam setiap kampanye, anda harus menguraikan apa tujuan Anda. Ada sembilan kategori untuk memilih dari.
Salah satu alat yang paling efektif dalam Manajerial Iklan adalah menentukan tujuan berdasarkan kesadaran.
Jika tujuannya adalah untuk iklan Anda dilihat oleh orang sebanyak mungkin, terlepas dari hasilnya, pilih ‘Jangkauan’ sebagai tujuan Anda. Sedangkan ‘Brand Awareness’ dapat digunakan untuk mencapai hal yang sama, tetapi juga membantu untuk memastikan pengguna mengingat merek Anda. Hal ini biasanya lebih efektif daripada menggunakan Jangkauan sendiri.
Hampir setengah dari pengguna Instagram menggunakannya untuk melakukan pembelian
Pada akhirnya, apa yang Anda inginkan dari Instagram adalah lebih banyak terjadi penjualan. Perlu untuk diketahui bahwa dari semua platform media sosial, tidak ada yang bisa menghasilkan respon penjualan sebaik Instagram.
Menurut laporan, hampir 1/3 dari cerita yang paling banyak ditonton di Instagram adalah milik merek dan bisnis. Selain itu, lebih dari sepertiga dari pengguna Instagram telah menggunakannya untuk membeli produk di masa lalu. Dengan kata lain, pengguna Instagram adalah 70% lebih mungkin untuk membeli produk secara online dibandingkan dengan pengguna non-Instagram.
Apa yang membuat pengguna Instagram lebih menarik adalah kenyataan bahwa 75% dari mereka mengambil tindakan setelah konten disajikan kepada mereka. Sebagai contoh, setelah datang di profil Anda, 3/4 dari pengguna baik akan mengunjungi situs web Anda atau mengikuti tombol CTA pada profil Anda.
Jika tombol ‘Shop Now’ didukung oleh konten pada profil Anda dan metrik keterlibatan yang tepat, maka 3 dari setiap empat orang yang mengunjungi profil Anda akan mengambil keuntungan darinya.
Membangun keterhubungan dengan pengikut
Instagram hadir dengan semua fitur yang dimiliki oleh Facebook namun juga menawarkan kemampuan yang unik. Yang paling penting dari ini adalah kemampuannya membangun fungsi jangkauan organik.
Algoritma Instagram memberikan usaha banyak kesempatan yang memungkinkan Anda untuk mencapai hasil langsung tanpa harus membayar biaya iklan.
Jangkauan organik penting karena memungkinkan untuk membangun hubungan alami antara merek dan pengikutnya. Sementara iklan dapat dianggap sebagai kebalikan dari jaringan organik ini karena kebanyakan orang melihat iklan sebagai penyusupan pada privasi mereka. Sentuhan pribadi dalam hubungan antara merek dengan pengikut menjadi penting guna menjaga loyalitas dan memastikan mereka kembali.
Mengikuti aku merek Anda di Instagram merupakan suatu komitmen. Ketika konsumen mengikuti Anda, mereka menunjukkan kepentingan langsung dalam apa yang Anda tawarkan. Sebagai pemasar, sudah menjadi peran Anda untuk menyadari hal ini dan bekerja untuk menumbuhkan hubungan dengan pengikut alias calon konsumen anda.