• TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
FORKA
Indonesia Imaji
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
FORKA
No Result
View All Result

Mahasiswa KKN-T MBKM Unisri Edukasi Pelaku UMKM dengan Inovasi Pengemasan Produk

Upaya mengatasi omset menurun saat pandemi

FORKA INDONESIA by FORKA INDONESIA
August 28, 2021
in BERITA
0
Mahasiswa KKN-T MBKM Unisri Edukasi Pelaku UMKM dengan Inovasi Pengemasan Produk
0
SHARES
86
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Karanganyar (17/08) — Pandemi COVID-19 berdampak besar terhadap berbagai sektor kehidupan. Sektor perekonomian merupakan salah satu yang paling terdampak. Pandemi Covid-19 berimbas besar pada laju pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia termasuk sektor UMKM. Para pelaku UMKM, khususnya di Kalisoro RT 01 RW 01, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah mengalami penurunan penjualan. Hal tersebut mengakibatkan profit usaha juga menurun secara signifikan.

Budhe Wahyuni selaku pelaku UMKM kripik pare merasakan dampak akibat pandemi, “ dulu sebelum Pandemi Covid-19 profit yang saya dapatkan lumayan besar, tetapi karena adanya pandemi bisnis saya mengalami penurunan penjualan yang menjadikan profit usaha juga menurun. “ Ujar Budhe Wahyuni selaku Pemilik UMKM Kripik Pare.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan sektor yang berperan penting dalam pemulihan ekonomi nasional akibat adanya pandemi Covid-19. Oleh karena itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Mengajar (KKN-T MBKM) Unisri yang melaksanakan KKN di  desa Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah memberikan Inovasi yaitu berupa ide untuk  pengemasan  produk kripik pare.

Selain itu juga memberi logo pada kemasan agar mempunyai branding yang dapat dikenali pembeli dan lebih menarik minat pembeli dimasa pandemi ini. Karena sebelumnya pengemasan kripik pare hanya menggunakan plastik bening saja dan tanpa menggunakan logo.

Bentuk dari packaging terbaru dari produk keripik pare ini berupa toples kecil, hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas rasa dan tekstur dari produk keripik pare kemudian untuk pembuatan logo berbentuk persegi berwarna kuning dan bertuliskan  “ PARIS PARE KRISPI BUDHE”.

Dengan begitu setelah melakukan inovasi pengemasan produk dan pemberian logo keripik pare dapat meningkatkan pendapatan penjualan produk keripik pare serta menarik minat pembeli dikalangan masyarakat luas, kemudian dapat memberikan manfaat bagi budhe Wahyuni dikondisi pandemic saat ini.

Inovasi pengemasan produk keripik pare serta  memberikan logo produk ini digagas oleh Shela Febri Rachmawati prodi Manajemen dari kelompok 27 dengan DPL Naili Amalia, S.E, M.M, pelaksaan pengemasan produk ini dilakukan individu bersama pemilik usah, Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran Pemerintah.

Pak RT setempat mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan mahasiswa ini memberikan semangat positif bagi UMKM dalam menjalankan bisnisnya, semoga inovasi yang diberikan dapat menaikkan tingkat penjualan dan dapat mensejahterakan pelaku UMKM, kegiatan positif seperti ini semoga selalu ada dan kepedulian terhadap UMKM semoga lebih bisa meningkat kedepannya. Semoga pandemi ini segera berakhir agar semua segera berjalan normal seperti biasanya. Dan kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Mahasiswa KKN-T MBKM Unisri yang telah peduli terhadap UMKM di desa Kalisoro ini.

Previous Post

Mahasiswa KKNT Unisri Dampingi Pemilihan Ketua RT Pembentukan Struktur Organisasi Desa

Next Post

Manfaatkan Media Onlinedan Cetak Guna Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Pentingnya Prokes Serta Hindari Berita Hoax

Next Post
Manfaatkan Media Onlinedan Cetak Guna Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Pentingnya Prokes Serta Hindari Berita Hoax

Manfaatkan Media Onlinedan Cetak Guna Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Pentingnya Prokes Serta Hindari Berita Hoax

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STAY CONNECTED

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

March 9, 2024
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

January 23, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

October 17, 2024
Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

5
Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

4
BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

2
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

1
Definisi dan Prinsip Pemasaran Media Sosial

Definisi dan Prinsip Pemasaran Media Sosial

May 14, 2025
Pengukuran Kinerja dan Dampak Kewirausahaan Sosial

Pengukuran Kinerja dan Dampak Kewirausahaan Sosial

May 13, 2025
Kain yang Bicara:  Mode, Makna, dan Tanggung Jawab terhadap Bumi

Kain yang Bicara: Mode, Makna, dan Tanggung Jawab terhadap Bumi

May 14, 2025
Dampak Kemajuan Industri China Terhadap Perubahan Iklim Dunia

Dampak Kemajuan Industri China Terhadap Perubahan Iklim Dunia

May 7, 2025
  • Penggolongan Koperasi

    Penggolongan Koperasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Lima Elemen Kualitas Layanan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • MENGENAL PHILIP KOTLER DAN PEMASARAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
FORKA

A research and training center focus on economic empowerment base on social entrepreneurship and digital technology #IndonesiaBerdaya

Email: idforka@gmail.com
Whatsapp: 0851-5840-5844

RECENT NEWS

Definisi dan Prinsip Pemasaran Media Sosial

Definisi dan Prinsip Pemasaran Media Sosial

May 14, 2025
Pengukuran Kinerja dan Dampak Kewirausahaan Sosial

Pengukuran Kinerja dan Dampak Kewirausahaan Sosial

May 13, 2025
Kain yang Bicara:  Mode, Makna, dan Tanggung Jawab terhadap Bumi

Kain yang Bicara: Mode, Makna, dan Tanggung Jawab terhadap Bumi

May 14, 2025

POPULAR POST

Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

March 9, 2024
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

January 23, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
  • TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI

© 2021 Forka Indonesia

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI

© 2021 Forka Indonesia