• TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
FORKA
Indonesia Imaji
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
FORKA
No Result
View All Result

Melawan Pembajakan Buku

FORKA INDONESIA by FORKA INDONESIA
December 22, 2024
in OPINI
0
Melawan Pembajakan Buku
0
SHARES
72
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Penulis: Muhammad Luthfi Hamdani

Hari ini ikut menyimak Konferensi Kerja Daerah IKAPI Jawa Timur (18/5). Salah satu yang menjadi pembahasan krusial adalah pembajakan buku. Praktik ini ibarat kanker dalam tubuh ekosistem perbukuan.

Hal yang pertama perlu kita pahami adalah pada setiap buku melekat hak cipta milik penulisnya, yang “dititipkan” kepada penerbit buku. Hak cipta ini mengandung hak moral dan hak ekonomi penulis. Pembajakan jelas merugikan penulis, editor, penata letak, desainer sampul, distributor, hingga salesman industri buku.

Sangat disayangkan, masyarakat, penegak hukum dan platform loka pasar (e-commerce) kita seringkali masih permisif terhadap praktek pembajakan. Sebagian dibajak dalam praktek reproduksi ilegal, sebagian lagi sekadar dengan penggandaan ilegal (fotokopi). Semua jenis praktek ini merusak nilai kreatif pelaku industri perbukuan.

Nilai kerugiannya juga tidak main-main. Dari sampel 11 anggota IKAPI pada tahun 2019, ditemukan potensi kerugian Rp. 116-an milyar. Padahal total penerbit anggota IKAPI kurang lebih 2000-an, pada tahun 2022.

Kesulitan menyelesaikan masalah ini muncul sebab pembajakan masuk dalam kategori delik aduan pada UU no. 28/2014. Sehingga penegak hukum tidak bisa proaktif melakukan penindakan, di sisi lain penerbit juga enggan melapor dan berurusan dengan proses hukum sebab berpotensi berbiaya besar.

Fenomena yang patut disoroti adalah kemajuan teknologi digital menyebabkan praktek ini semakin inovatif dan menggiurkan. Platform lokapasar seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, hingga Lazada jadi medium transaksi dan transfernya.

Sementara upaya paling realistis adalah menyadarkan pembeli atau pembaca buku. Sadar bahwa buku mengandung hak cipta, hak moril dan hak ekonomi dari penulis dan seluruh tim penerbit, maka harusnya memunculkan kesadaran moril pula untuk memastikan belanja buku yang original.

Mari melawan pembajakan dengan memutus permintaannya (demand). Jangan membeli buku dengan kategori non-original, mirip asli dan sejenisnya. Hindari tergiur harga murah.

Juga jangan membeli buku dalam file .pdf, sebab bisa dipastikan tidak ada satupun penerbit yang menjual buku dalam format .pdf seharga Rp. 2 ribu atau Rp. 3 ribu rupiah.

 

Ayo.

Previous Post

Adaptasi Lingkungan Eksternal Bisnis

Next Post

Menggali Elemen Etika Diplomasi dalam Al Qur’an

Next Post
Menggali Elemen Etika Diplomasi dalam Al Qur’an

Menggali Elemen Etika Diplomasi dalam Al Qur'an

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STAY CONNECTED

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

June 29, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

October 17, 2024
Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

5
Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

4
BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

2
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

1
Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

July 12, 2025
Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

July 9, 2025
Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

July 9, 2025
Mahasiswa KKN Untidar Revitalisasi Lapangan Desa Selokromo Bersama Pemuda

Mahasiswa KKN Untidar Revitalisasi Lapangan Desa Selokromo Bersama Pemuda

July 9, 2025
  • Penggolongan Koperasi

    Penggolongan Koperasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Lima Elemen Kualitas Layanan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • MENGENAL PHILIP KOTLER DAN PEMASARAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
FORKA

A research and training center focus on economic empowerment base on social entrepreneurship and digital technology #IndonesiaBerdaya

Email: idforka@gmail.com
Whatsapp: 0851-5840-5844

RECENT NEWS

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

July 12, 2025
Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

July 9, 2025
Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

July 9, 2025

POPULAR POST

Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

June 29, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
  • TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI

© 2021 Forka Indonesia

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI

© 2021 Forka Indonesia