• TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
FORKA
Indonesia Imaji
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
FORKA
No Result
View All Result

Mempersiapkan Digitalisasi Bisnis

FORKA INDONESIA by FORKA INDONESIA
April 19, 2024
in OPINI
0
Mempersiapkan Digitalisasi Bisnis
0
SHARES
46
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Penulis: Luthfi Hamdani

Digitalisasi menjadi proses yang penting dilakukan oleh pelaku bisnis saat ini. Pada level konsep, Kraus, et. al (2022) meringkasnya menjadi “…mencakup upaya mengintegrasikan teknologi digital pada beragam fungsi bisnis, seperti operasional, pemasaran, keuangan, HRM, hingga customer service.”

Beberapa contoh piranti berbasis teknologi digital ialah smartphone, tablet, smart TV, laptop hingga radio. Sedangkan contoh teknologi terbaru dari transformasi ini seperti teknologi seluler, Internet of Things (IoT), robotika, machine learning, augmented reality, big data, Robotic Process Automation (RPA) misalnya yang kita gunakan dalam chatbot Whatsapp, hingga teknologi berbasis cloud.

Baca juga: Kuliah bisnis digital terbaik di Solo Raya

Manfaat keberadaan teknologi digital ini jelas (dan terbukti), di antaranya membuat bisnis jadi lebih mudah, cepat, hemat biaya, gampang kolaborasi dan menguntungkan. Pemerintah memberikan estimasi nilai ekonomi digital Indonesia pada tahun 2023 setara Rp. 1.232 Triliun.

Bisma Hanif (2023) dalam situs web Glue Up menggarisbawahi bahwa proses transformasi atau digitalisasi bisnis ini harus fokus pada dua hal: memberikan nilai (khususnya kepada pelanggan) dan perubahan budaya organisasi.

Digitalisasi ini tidak harus dilaksanakan dalam skala besar, dengan sistem yang kompleks dan berbiaya besar. Praktik-praktik sederhana misalnya memasarkan produk menggunakan content marketing dan social media marketing seringkali sudah memberikan banyak nilai bagi pelanggan.

Online store

Juga misalnya mengoptimalkan beragam saluran (channel) agar produk lebih mudah dijumpai oleh pembeli, misalnya: di toko offline ada, marketplace ada, landing page ada, Whatsapp bisnis bisa, telepon admin punya. Ini mewakili praktik digitalisasi usaha.

Pada aspek budaya organisasi, pelaku bisnis atau industri di era digital musti punya kemampuan kolaborasi dan komunikasi yang baik, pola pikir berkembang (growth mindset), keterbukaan alias transparansi, fleksibilitas, literasi atas data dan teknologi informasi.

Transformasi budaya ini jadi fondasi. Tanpa itu, adaptasi teknologi digital dalam bisnis akan sukar dilaksanakan.

Previous Post

Shoppertainment

Next Post

Analisis Wacana di Era Post-Truth

Next Post
Analisis Wacana di Era Post-Truth

Analisis Wacana di Era Post-Truth

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STAY CONNECTED

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

June 29, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

October 17, 2024
Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

5
Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

4
BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

2
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

1
Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

July 12, 2025
Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

July 9, 2025
Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

July 9, 2025
Mahasiswa KKN Untidar Revitalisasi Lapangan Desa Selokromo Bersama Pemuda

Mahasiswa KKN Untidar Revitalisasi Lapangan Desa Selokromo Bersama Pemuda

July 9, 2025
  • Penggolongan Koperasi

    Penggolongan Koperasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Lima Elemen Kualitas Layanan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • MENGENAL PHILIP KOTLER DAN PEMASARAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
FORKA

A research and training center focus on economic empowerment base on social entrepreneurship and digital technology #IndonesiaBerdaya

Email: idforka@gmail.com
Whatsapp: 0851-5840-5844

RECENT NEWS

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

July 12, 2025
Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

July 9, 2025
Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

July 9, 2025

POPULAR POST

Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

June 29, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
  • TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI

© 2021 Forka Indonesia

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI

© 2021 Forka Indonesia