• TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
FORKA
Indonesia Imaji
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
FORKA
No Result
View All Result

MENYUSUN RENCANA BISNIS (BUSINESS PLAN)

FORKA INDONESIA by FORKA INDONESIA
December 29, 2019
in Uncategorized
0
MENYUSUN RENCANA BISNIS (BUSINESS PLAN)
0
SHARES
454
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Menyusun rencana bisnis (Business Plans) sangat penting untuk setiap perusahaan. Tapi ada saja perusahaan yang hanya memiliki rencana parsial atau bahkan tidak memiliki rencana sama sekali. Perusahaan yang tidak memiliki rencana ibarat kapal tanpa kemudi; Anda akan mengapung di laut tanpa rencana tujuan.

Rencana bisnis (Business Plans) harus berisi semua disiplin ilmu dari perusahaan. Disiplin atau divisi adalah daerah-daerah seperti penjualan, pemasaran, R & D, pengembangan, dukungan, layanan, keuangan atau akuntansi dan layanan.

Kunci untuk setiap rencana bisnis yang sukses ada pada misi, tujuan dan strateginhya … dan rencana harus ditinjau secara berkala. Tanpa jelas misi, tujuan, sasaran dan strategi; segala sesuatu yang lain hanya membuang-buang waktu.

Catatan penting lainnya adalah bahwa setiap divisi, departemen atau disiplin harus memiliki rencana bisnis (sub rencana bisnis) yang mendukung berjalannya Rencana bisnis perusahaan.

Mari mengulas misi, tujuan, sasarah dan strategi secara lebih detail:

Misi (Mission) menyatakan maksud atau apa yang ingin dicapai oleh perusahaan. Misi juga dikenal dengan sebutan tujuan perusahaan dan biasanya memiliki jangka panjang. Catatannya adalah bahwa pernyataan visi (vision statements) berbeda dengan pernyataan misi (mission statements). Pernyataan visi pada dasarnya adalah tentang ‘akan jadi apa’ perusahaan Anda jika berhasil menyelesaikan tujuan dan sasarannya.

Contoh pernyataan misi adalah:

  • Menjadi penyedia terbaik dari perawatan kesehatan
  • Jadi produsen mobil yang paling dapat diandalkan di Indonesia
  • Memberikan nilai terbaik untuk system keamanan rumah

Tujuan (Goals) yaitu target absolut atau khusus yang mendukung pernyataan misi. Sekali lagi, tujuan akan berbeda di masing-masing bagian organisasi, tetapi harus mendukung tujuan perusahaan

Contoh tujuan adalah:

  • Meningkatkan pendapatan sebesar 10% dari tahun lalu
  • Mendapatkan 25% pangsa pasar di tiga (3) tahun berikutnya
  • Mengurangi biaya operasi sebesar 2 milyar dalam satu tahun

Sasaran (Objectives) adalah tugas-tugas yang akan membawa Anda ke tujuan tersebut. Tujuan akan berbeda-beda di setiap organisasi, tapi sekali lagi mereka harus mendukung tujuan perusahaan.

Contoh sasaran adalah:

  • Meningkatkan iklan cetak untuk pelanggan yang sudah ada
  • Menghadiri empat pameran dagang untuk industri otomotif
  • Sewa lebih banyak karyawan untuk divisi layanan pelanggan (customer service)

Strategy adalah “CARA” yang Anda gunakan untuk mencapai tujuan dan misi Anda.

Contoh strategi adalah:

  • Menjadi pemimpin harga untuk produk Anda (Wal Mart)
  • Keunikan Produk atau pembeda atau inovator (RIM adalah salah satu contoh)
  • Memberikan layanan penuh atau integrasi produk dan services

Maka dari itu, terlepas dari ukuran perusahaan Anda, atau dalam industry apa Anda sedang berada, atau apa tahap siklus hidup perusahaan; Anda membutuhkan rencana bisnis, setiap divisi harus mengembangkan sub rencana mereka sendiri yang mendukung rencana bisnis secara keseluruhan dan semua rencana harus ditinjau dan atau diperbarui secara teratur.

Garis Besar Rencana Bisnis (Business Plan Outline)

  1. Ringkasan bisnis plan (Executive Summary)– Ringkasan umum dari rencana bisnis yang mencakup semua topik utama
  2. Visi (Vision)– Akan menjadi apa perusahaan Anda di masa depan?
  3. Misi– Tujuan dari perusahaan Anda
  4. Tujuan– Tujuan adalah Contoh mutlak dan terukur: Misalnya, meningkatkan penjualan 20% dari tahun lalu
  5. Sasaran (Objectives)– Tugas Apa yang perusahaan Anda ingin capai. Contoh –hadir dalam 4 pameran dagang tahun ini
  6. Asumsi– asumsi Apa yang sedang dibuat untuk rencana bisnis khusus ini? Contoh -beberapa investasi yang akan berasal dari penjualan saham perusahaan.
  7. Pasar– Mencakup pasar secara keseluruhan dan pasar sasaran yang sudah dihitung ukuran, pangsa pasar dengan persaingannya.
  8. Produk dan atau Jasa -Sebuah deskripsi produk dan atau jasa yang akan mencakup diferensiasi dan kompetensi khas.
  9. Investasi – berisi tentang uang dan sumber daya yang dibutuhkan untuk melaksanakan rencana bisnis ini. Bukan hanya tahap awal, namun pembiayaan jangka panjang.
  10. Ramalan (Forecast) –Berisi perkiraan dalam jangka satu atau 3 sampai dengan 5 tahun diperkirakan sesuai ukuran pasar, perkiraan saham, unit, dan pendapatan
  11. Pemasaran –Berisis suatu rencana singkat guna mendukung rencana bisnis perusahaan dan bagaimana pemasaran akan mempromosikan dan membantu menjual produk atau jasa. Rencana ini harus mencakup semua alat pemasaran (pameran dagang, media sosial, dll) dan campuran beragam alat tersebut.
  12. Penjualan atau Penjualan Lapangan –Merupakan mini rencana yang mendukung rencana bisnis perusahaan dan rencana terkait aspek-aspek seperti, bagaimana cara penjual akan menjual produk perusahaan, melayani pelanggan dan strategi menentukan saluran untuk produk atau jasa.
  13. R & D – Harus mencatat apa saja sumber daya, teknologi, dan lain-lain yang diperlukan untuk penelitian ini.
  14. Pengembangan – Apa saja sumber daya, teknologi, dan lain-lain yang dibutuhkan untuk mengembangkan produk dan atau jasa perusahaan.
  15. Teknik –Mencatat apa saja sumber daya, teknologi, dan lain-lain yang diperlukan untuk rencana ini bersama dengan item penting lainnya seperti jadwal, anggaran dan setiap pengecualian MRD asli / PDR.
  16. Manajemen Program atau Produk –Mencatat kebutuhan seperti MRD, PRD, jadwal, persyaratan dari departemen lain.
  17. Pelayanan pelanggan– Apa strategi untuk mendukung produk atau jasa, keahlian yang dibutuhkan, apakah diperlukan laporan lapangan atau cukup dengan dukungan jarak jauh?
  18. Kepuasan pelanggan– Pengukuran, Metrik, apa kebijakan perusahaan mengenai isu-isu produk atau layanan (misalnya, pengembalian, garansi penuh, upgrade).
  19. Manufaktur -Bahan baku, keahlian, teknologi yang dibutuhkan, kapasitas, bagaimana produk tersebut akan diproduksi (misalnya, JIT, kebiasaan membangun, dll).
  20. Kualitas asuransi– Pada proses atau program apa yang Quality Assurance akan dimasukkan, apa pengukuran atau metrik dan apa yang akan menjadi kriteria penolakan.
  21. Pengukuran atau Metric– Apa yang akan menjadi pengukuran, hasil yang diinginkan (target) dari rencana bisnis. Juga mencakup target dari perusahaan dan masing-masing divisi atau departemen?
  22. Kompetisi– Siapa kompetitor, apa strategi mereka, pangsa pasar mereka, produk atau jasa mereka yang akan anda lawan?
  23. Dependensi atau Masalah– Apa sumber daya (bahan baku), fungsi, kegiatan, pengetahuan, teknologi, dll yang diperlukan untuk menjadi sukses? Juga apakah ada masalah relatif terhadap dinas, negara dan pemerintah daerah, lingkungan atau aturan internasional?
  24. Langkah selanjutnya– berisi kegiatan utama yang harus dilakukan dalam melaksanakan rencana bisnis.

Singkatnya, kunci utamanya adalah bahwa terlepas dari ukuran, fase atau kompleksitas perusahaan Anda, Anda harus memiliki rencana bisnis agar sukses.

 

Previous Post

MEMILIH STRATEGI HARGA YANG TEPAT

Next Post

‘TAHUKAH SIAPA PELANGGAN ANDA?’ MARI MEMBAHAS SEGMENTASI.

Next Post
‘TAHUKAH SIAPA PELANGGAN ANDA?’ MARI MEMBAHAS SEGMENTASI.

'TAHUKAH SIAPA PELANGGAN ANDA?’ MARI MEMBAHAS SEGMENTASI.

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STAY CONNECTED

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

June 29, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

October 17, 2024
Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

5
Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

4
BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

2
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

1
Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

July 12, 2025
Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

July 9, 2025
Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

July 9, 2025
Mahasiswa KKN Untidar Revitalisasi Lapangan Desa Selokromo Bersama Pemuda

Mahasiswa KKN Untidar Revitalisasi Lapangan Desa Selokromo Bersama Pemuda

July 9, 2025
  • Penggolongan Koperasi

    Penggolongan Koperasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Lima Elemen Kualitas Layanan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • MENGENAL PHILIP KOTLER DAN PEMASARAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
FORKA

A research and training center focus on economic empowerment base on social entrepreneurship and digital technology #IndonesiaBerdaya

Email: idforka@gmail.com
Whatsapp: 0851-5840-5844

RECENT NEWS

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

July 12, 2025
Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

July 9, 2025
Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

July 9, 2025

POPULAR POST

Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

June 29, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
  • TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI

© 2021 Forka Indonesia

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI

© 2021 Forka Indonesia