Penulis: Afran Dafa Alfaridzi
PENDAHULUAN
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu kegiatan yang diadakan di setiap universitas dan dilakukan oleh mahasiswa guna memberikan pengalaman dalam hidup bermasyarakat. Sasaran yang biasanya dijadikan lokasi pelaksanaan KKN ini sendiri lebih sering diadakan di daerah pedesaan, karena dari segi infrastuktur wilayah pedesaan lebih banyak kekurangannya jika dibandingkan dengan daerah perkotaan, jadi diharapkan mahasiswa yang melaksanakan KKN ini dapat memberikan manfaat untuk daerah yang mereka tempati.
Desa Glintang merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Mata Pencaharian mayoritas penduduk Desa Glintang adalah petani, peternak, dan pedagang. Desa Glintang saat ini tergolong pada kategori Desa Berkembang, sehingga perkembangan dan pemanfaatan teknologi dan sumber daya di desa perlu dilaksanakan secara maksimal. Desa Glintang menjadi lokasi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata pada kelompok ini.
Salah satu permasalahan yang ada di desa ini adalah masih minimnya pemanfaatan teknologi dalam pemberian pelayanan informasi terhadap masyarakat, sehingga masyarakat harus pergi ke balai desa terlebih dahulu untuk mendapatkan atau mengakses informasi tentang pelayanan baik dalam perizinan maupun infomasi dana desa.
Melihat generasi milenial seusia sekolah menengah atas hingga pekerja yang ada di Desa Glintang hampir semuanya telah memiliki handphone atau smartphone masing – masing, hal ini menjadi salah satu potensi yang sangat mendukung dalam pemberian materi mengenai pelatihan media ditambah mereka juga sebagian besar sudah memiliki akun media sosial salah satunya Youtube.
Generasi milenial yang ada di Desa Glintang selain memiliki akun media sosial juga tak sedikit yang memanfaatkan media sosial sebagai media untuk membuat konten, jadi secara tidak langsung sebenarnya generasi – generasi muda di Desa Glintang telah memiliki potensi dalam bidang media hanya saja perlu lebih diberikan dari segi edukasi agar konten yang tercipta tidak hanya sekedar upload saja tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi yang menonton konten tersebut.
METODE
Dalam program kerja kali ini saya berperan sebagai pembicara serta partisipan. Pelaksanaan program kerja ini, saya selaku pembicara memaparkan materi yang saya buat dalam bentuk Power Point kepada anggota Karang Taruna Desa (Krida Remaja) sebagai target sasaran pelaksanaan program kerja saya yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Glintang. Pemaparan materi dalam rangka menjalankan program kerja kali ini menggunakan metode antara lain :
- Sosialisasi: Menurut Vander Zande dalam (Ngguna et al., 2013), sosialisasi adalah proses interaksi sosial melalui bagaimana kita mengenal cara-cara kita berpikir, berperasaan dan berperilaku sehingga dapat berperan serta secara efektif dalam masyarakat.
- Pelatihan: Menurut Mathis (2002:5) dalam (Elfrianto, 2016), mengemukakan bahwa : “pelatihan adalah suatu proses dimana orang-orang mencapai kemampuan tertentu untuk membantu mencapai tujuan organisasi. Oleh karena itu, proses ini terikat dengan berbagai tujuan organisasi, pelatihan dapat dipandang secara sempit ataupun luas.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Media menjadi salah satu hal yang tidak dapat terlepaskan dari kehidupan manusia, dengan adanya media manusia menjadi dapat menerima segala informasi yang ada diseluruh dunia. Salah satu pihak yang berperan sebagai pengkonsumsi media adalah generasi muda atau yang biasa disebut generasi milenial.
Salah satu produk media yang saat ini banyak digunakan oleh generasi muda adalah media sosial, pengguna media sosial disetiap tahunnya semakin meningkat dan pada perkembangannya jumlah tertinggi disumbang dari para pengguna media sosial di rentang usia yang masih masuk kedalam kategori generasi milenial. Melihat kondisi tersebut perlu adanya edukasi mengenai penggunaan dan pemanfaatan media sosial agar dapat digunakan sebagaimana fungsinya dan tidak disalahgunakan.
Dalam program kerja ini penulis melaksanakan pelatihan mengenai pemanfaatan media sosial Youtube pada pemuda di Desa Glintang yang memiliki tujuan antara lain :
- Memberikan edukasi mengenai peran penting media dalam alur
- Memberikan wawasan mengenai cara pembuatan konten Youtube yang
- Memberikan wawasan mengenai cara mengelola chanel
- Memberikan edukasi mengenai cara meningkatkan viewers pada chanel Youtube yang dibuat
Dari program kerja pelatihan media yang telah dilaksanakan pada pemuda Desa Glintang, mendapatkan respon serta feedback yang positif dari audience. Dan mengacu pada tujuan yang telah dirumuskan diatas, pelatihan media yang telah terlaksana ini memperoleh hasil yang telah dirangkum sebagai berikut :
- Generasi pemuda Desa Glintang mampu memanfaatkan media Youtube sebagai media berkarya
- Generasi pemuda Desa Glintang mampu memanfaatkan media Youtube sebagai media untuk mengembangkan dan mengenalkan potensi desa kepada khalayak luas
- Generasi pemuda Desa Glintang mengetahui pentingnya media dalam penyampaian informasi di masyarakat
- Generasi pemuda Desa Glintang dapat mengelola chanel Youtube dengan baik agar dapat memberi manfaat.
Pelatihan media yang menjadi program kerja penulis telah selesai dilaksanakan dan mendapat respon yang baik dari audience serta mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang penulis harapkan.
Dengan adanya pelatihan pemanfaatan penggunaan media sosial Youtube ini diharapkan generasi milenial yang ada di Desa Glintang dapat memanfaatkan media sosial yang mereka miliki dengan sebaik-baiknya agar waktu yang mereka habiskan untuk bermain di media sosial tidak menjadi sia-sia.
Serta untuk pemuda Karang Taruna Desa Glintang diharapkan setelah adanya pelatihan pemanfaatan penggunaan media sosial yang telah diberikan dapat digunakan ilmunya untuk mengembangkan serta mengenalkan potensi-potensi yang ada di Desa Glintang kepada khalayak luas agar dapat dijadikan sumber pendapatan mandiri untuk Desa Glintang maupun untuk warganya.
PENUTUP
Pada saat pelaksanaan pelatihan media, hanya ada sedikit kendala yang cukup dirasakan yaitu kendala yang terkait dengan jumlah peserta yang datang tidak sesuai dengan konfirmasi akhir dari pihak bersangkutan yang bekerja sama dari pengoordinasian peserta dalam pelaksanaan pelatihan media tim KKN, jadi hal tersebut berpengaruh pada persiapan baik tempat maupun anggaran untuk konsumsi peserta.
Saran untuk kedepanya terkait dengan program kerja KKN dibidang media adalah untuk lebih berkelanjutan mengenai pemberian dan pembimbingan materi, karena seperti yang terlihat setelah pelaksanaan pelatihan media bahwa masih banyak materi – materi yang masih belum diketahui oleh generasi – generasi muda terkait media dimana notabenenya media menjadi salah satu hal yang sangat melekat di kehidupan generasi milenial saat ini.
DAFTAR PUSTAKA
Elfrianto. (2016). Manajemen Pelatihan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 46–58.
Ngguna, Y., Pangemanan, & Goni, J. H. (2013). Proses Sosialisasi Nilai Sosial Dalam Keluarga di Kelurahan Pamona Kecamatan Pamona Puselemba Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Ilmiah Society, 5.