• TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
FORKA
Indonesia Imaji
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
FORKA
No Result
View All Result

Buku Social Enterprise

Praktik Bisnis Sebagai Solusi Masalah Sosial dan Lingkungan Hidup

FORKA INDONESIA by FORKA INDONESIA
September 18, 2024
in BISNIS
0
Buku Social Enterprise
0
SHARES
146
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kita terus dihadapkan pada beragam masalah sosial dan lingkungan hidup. Selain bencana alam, ada pula bencana-bencana yang muncul sebab aktifitas sosial dan ekonomi manusia, seperti banjir dan tanah longsor, kebakaran hutan, pencemaran ekosistem oleh limbah industri hingga pemanasan global sebab efek rumah kaca.

Di sisi lain, masalah-masalah sosial seperti kemiskinan dan pengangguran, terbatasnya akses dan rendahnya kualitas pendidikan, belum terciptanya ekosistem digital yang inklusif, hingga problem sanitasi dan sampah masih banyak dijumpai.

Permasalahan ini perlu terus mendapat perhatian khusus. Beragam upaya pun telah dilakukan oleh pemerintah dan lembaga sosial atau swadaya masyarakat untuk menyelesaikannya.

Di tengah berbagai masalah sosial dan lingkungan hidup yang semakin kompleks baik dari penyebab maupun dampaknya, diharapakan saat ini banyak muncul para wirausahawan sosial yang mampu menyumbangkan ide dan aksi untuk berkontribusi memecahkan masalah-masalah yang sejauh ini dianggap tidak terpecahkan.

Baca Juga: Buku Referensi Membangun Bisnis di Era Digital

Penulis memandang salah satu opsi yang bisa dikembangkan untuk menjadi solusi adalah Perusahaan atau Bisnis Sosial (Social Enterprise). Sebuah bisnis yang dikembangkan oleh para wirausahawan sosial yang inovatif.

Mereka yang berupaya mengatasi permasalahan paling mendesak di dunia yang gagal diselesaikan oleh pemerintah, dunia usaha, atau badan amal. Tanpa mengesampingkan upaya meraih keuntungan, para wirausahawan sosial mampu menciptakan bisnis dengan misi utama perubahan sosial.

https://forka.id/wp-content/uploads/2024/09/Buku-Social-Enterprise.mp4

Buku ini mencoba melengkapi referensi terkait pengembangan bisnis sosial. Sebuah model bisnis yang dibangun dengan kesadaran untuk memberikan manfaat berupa solusi pada berbagai masalah sosial dan lingkungan hidup yang kita hadapi saat ini maupun di masa depan.

Sangat cocok dibaca mahasiswa, dosen, praktisi social entrepreneurship, peminat bisnis, pemerintah dan masyarakat umum. Solusi dari model bisnis sosial ini bisa menjadi referensi yang sangat kita butuhkan.

Buku berisi sepuluh bab yang dimulai oleh penulis dengan memaparkan beragam tantangan sosial dan lingkungan hidup yang tengah kita hadapi. Masalah-masalah yang dalam berbagai referensi penulis tidak lepas disebabkan oleh aktifitas sosial-ekonomi manusia.

Dilanjutkan dengan pembahasan mengenai beberapa konsep ekonomi alternatif, yaitu: Green Economy, Circular Economy serta Blue Economy. Kesemuanya dipaparkan dari konsep filosofis hingga praktis-aplikatifnya.

Pembaca kemudian diajak mengenal konsep kewirausahaan sosial, dinamika perkembangannya di Indonesia, teknik-teknik yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis sosial, serta model bisnisnya (Social Business Model Canvas).

Tidak ketinggalan dibahas pula metode-metode yang bisa digunakan dalam mengukur kinerja bisnis sosial, yang tentu saja berbeda dari pengukuran kinerja bisnis konvensional atau tradisional.

Pada bab terakhir, penulis mengajak untuk mengenal profil penggerak dan pelaku perusahaan/bisnis sosial di dunia maupun di Indonesia.

Cover: Soft
Penerbit: CV. Indonesia Imaji
Harga: Rp. 65.000,-
ISBN: 978-623-8067-41-1
Halaman: xii + 182
Penulis: Muhammad Luthfi Hamdani

Buku tersebut bisa dibeli di Shopee: Penerbit Imaji

Previous Post

Kelas Menengah dan Mimpi Indonesia Emas 2045

Next Post

Brand Lebih dari Sekadar Nama

Next Post
Brand Lebih dari Sekadar Nama

Brand Lebih dari Sekadar Nama

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STAY CONNECTED

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

July 15, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

July 15, 2025
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

July 13, 2025
Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

4
Lomba Agustusan dan Judi Darat

Lomba Agustusan dan Judi Darat

2
Mahasiswa KKN-T MBKM Unisri Berikan Inovasi dalam Meningkatkan Omset UMKM Kripik Pare di Kalisoro

Mahasiswa KKN-T MBKM Unisri Berikan Inovasi dalam Meningkatkan Omset UMKM Kripik Pare di Kalisoro

1
Gerakan Tanam Cerdas Sahabat Tani Lawan Penyakit; Dari Mahasiswa untuk Petani, demi Hasil Panen Lebih Baik

Gerakan Tanam Cerdas Sahabat Tani Lawan Penyakit; Dari Mahasiswa untuk Petani, demi Hasil Panen Lebih Baik

1
Mahasiswa UNISRI Raih Juara di Ajang Nasional “Wira-Talk Competition” Undiknas Denpasar Bali

Mahasiswa UNISRI Raih Juara di Ajang Nasional “Wira-Talk Competition” Undiknas Denpasar Bali

November 6, 2025
Urgensi Pengelolaan Risiko Bisnis

Urgensi Pengelolaan Risiko Bisnis

October 28, 2025
PMII Rayon Mohammad Hatta Gelar Diskusi “Teras Pergerakan” Bahas September Hitam

PMII Rayon Mohammad Hatta Gelar Diskusi “Teras Pergerakan” Bahas September Hitam

October 8, 2025
HIMATEPA UNTIDAR Gelar Edukasi Gizi Lele dan Legalitas Usaha untuk UMKM Pangan di Desa Butuh

HIMATEPA UNTIDAR Gelar Edukasi Gizi Lele dan Legalitas Usaha untuk UMKM Pangan di Desa Butuh

October 8, 2025
  • Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

    Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenal Philip Kotler dan Pemasaran

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
FORKA

A research and training center focus on economic empowerment base on social entrepreneurship and digital technology #IndonesiaBerdaya

Email: idforka@gmail.com
Whatsapp: 0851-5840-5844

RECENT NEWS

Mahasiswa UNISRI Raih Juara di Ajang Nasional “Wira-Talk Competition” Undiknas Denpasar Bali

Mahasiswa UNISRI Raih Juara di Ajang Nasional “Wira-Talk Competition” Undiknas Denpasar Bali

November 6, 2025
Urgensi Pengelolaan Risiko Bisnis

Urgensi Pengelolaan Risiko Bisnis

October 28, 2025
PMII Rayon Mohammad Hatta Gelar Diskusi “Teras Pergerakan” Bahas September Hitam

PMII Rayon Mohammad Hatta Gelar Diskusi “Teras Pergerakan” Bahas September Hitam

October 8, 2025

POPULAR POST

Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

July 15, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

July 15, 2025
  • TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI

© 2021 Forka Indonesia

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI

© 2021 Forka Indonesia