Kita terus dihadapkan pada beragam masalah sosial dan lingkungan hidup. Selain bencana alam, ada pula bencana-bencana yang muncul sebab aktifitas sosial dan ekonomi manusia, seperti banjir dan tanah longsor, kebakaran hutan, pencemaran ekosistem oleh limbah industri hingga pemanasan global sebab efek rumah kaca.
Di sisi lain, masalah-masalah sosial seperti kemiskinan dan pengangguran, terbatasnya akses dan rendahnya kualitas pendidikan, belum terciptanya ekosistem digital yang inklusif, hingga problem sanitasi dan sampah masih banyak dijumpai.
Permasalahan ini perlu terus mendapat perhatian khusus. Beragam upaya pun telah dilakukan oleh pemerintah dan lembaga sosial atau swadaya masyarakat untuk menyelesaikannya.
Di tengah berbagai masalah sosial dan lingkungan hidup yang semakin kompleks baik dari penyebab maupun dampaknya, diharapakan saat ini banyak muncul para wirausahawan sosial yang mampu menyumbangkan ide dan aksi untuk berkontribusi memecahkan masalah-masalah yang sejauh ini dianggap tidak terpecahkan.
Baca Juga: Buku Referensi Membangun Bisnis di Era Digital
Penulis memandang salah satu opsi yang bisa dikembangkan untuk menjadi solusi adalah Perusahaan atau Bisnis Sosial (Social Enterprise). Sebuah bisnis yang dikembangkan oleh para wirausahawan sosial yang inovatif.
Mereka yang berupaya mengatasi permasalahan paling mendesak di dunia yang gagal diselesaikan oleh pemerintah, dunia usaha, atau badan amal. Tanpa mengesampingkan upaya meraih keuntungan, para wirausahawan sosial mampu menciptakan bisnis dengan misi utama perubahan sosial.
Buku ini mencoba melengkapi referensi terkait pengembangan bisnis sosial. Sebuah model bisnis yang dibangun dengan kesadaran untuk memberikan manfaat berupa solusi pada berbagai masalah sosial dan lingkungan hidup yang kita hadapi saat ini maupun di masa depan.
Sangat cocok dibaca mahasiswa, dosen, praktisi social entrepreneurship, peminat bisnis, pemerintah dan masyarakat umum. Solusi dari model bisnis sosial ini bisa menjadi referensi yang sangat kita butuhkan.
Buku berisi sepuluh bab yang dimulai oleh penulis dengan memaparkan beragam tantangan sosial dan lingkungan hidup yang tengah kita hadapi. Masalah-masalah yang dalam berbagai referensi penulis tidak lepas disebabkan oleh aktifitas sosial-ekonomi manusia.
Dilanjutkan dengan pembahasan mengenai beberapa konsep ekonomi alternatif, yaitu: Green Economy, Circular Economy serta Blue Economy. Kesemuanya dipaparkan dari konsep filosofis hingga praktis-aplikatifnya.
Pembaca kemudian diajak mengenal konsep kewirausahaan sosial, dinamika perkembangannya di Indonesia, teknik-teknik yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis sosial, serta model bisnisnya (Social Business Model Canvas).
Tidak ketinggalan dibahas pula metode-metode yang bisa digunakan dalam mengukur kinerja bisnis sosial, yang tentu saja berbeda dari pengukuran kinerja bisnis konvensional atau tradisional.
Pada bab terakhir, penulis mengajak untuk mengenal profil penggerak dan pelaku perusahaan/bisnis sosial di dunia maupun di Indonesia.
Cover: Soft
Penerbit: CV. Indonesia Imaji
Harga: Rp. 65.000,-
ISBN: 978-623-8067-41-1
Halaman: xii + 182
Penulis: Muhammad Luthfi Hamdani
Buku tersebut bisa dibeli di Shopee: Penerbit Imaji