• TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
FORKA
Indonesia Imaji
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
FORKA
No Result
View All Result

Buku Social Enterprise

Praktik Bisnis Sebagai Solusi Masalah Sosial dan Lingkungan Hidup

FORKA INDONESIA by FORKA INDONESIA
September 18, 2024
in BISNIS
0
Buku Social Enterprise
0
SHARES
97
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kita terus dihadapkan pada beragam masalah sosial dan lingkungan hidup. Selain bencana alam, ada pula bencana-bencana yang muncul sebab aktifitas sosial dan ekonomi manusia, seperti banjir dan tanah longsor, kebakaran hutan, pencemaran ekosistem oleh limbah industri hingga pemanasan global sebab efek rumah kaca.

Di sisi lain, masalah-masalah sosial seperti kemiskinan dan pengangguran, terbatasnya akses dan rendahnya kualitas pendidikan, belum terciptanya ekosistem digital yang inklusif, hingga problem sanitasi dan sampah masih banyak dijumpai.

Permasalahan ini perlu terus mendapat perhatian khusus. Beragam upaya pun telah dilakukan oleh pemerintah dan lembaga sosial atau swadaya masyarakat untuk menyelesaikannya.

Di tengah berbagai masalah sosial dan lingkungan hidup yang semakin kompleks baik dari penyebab maupun dampaknya, diharapakan saat ini banyak muncul para wirausahawan sosial yang mampu menyumbangkan ide dan aksi untuk berkontribusi memecahkan masalah-masalah yang sejauh ini dianggap tidak terpecahkan.

Baca Juga: Buku Referensi Membangun Bisnis di Era Digital

Penulis memandang salah satu opsi yang bisa dikembangkan untuk menjadi solusi adalah Perusahaan atau Bisnis Sosial (Social Enterprise). Sebuah bisnis yang dikembangkan oleh para wirausahawan sosial yang inovatif.

Mereka yang berupaya mengatasi permasalahan paling mendesak di dunia yang gagal diselesaikan oleh pemerintah, dunia usaha, atau badan amal. Tanpa mengesampingkan upaya meraih keuntungan, para wirausahawan sosial mampu menciptakan bisnis dengan misi utama perubahan sosial.

https://forka.id/wp-content/uploads/2024/09/Buku-Social-Enterprise.mp4

Buku ini mencoba melengkapi referensi terkait pengembangan bisnis sosial. Sebuah model bisnis yang dibangun dengan kesadaran untuk memberikan manfaat berupa solusi pada berbagai masalah sosial dan lingkungan hidup yang kita hadapi saat ini maupun di masa depan.

Sangat cocok dibaca mahasiswa, dosen, praktisi social entrepreneurship, peminat bisnis, pemerintah dan masyarakat umum. Solusi dari model bisnis sosial ini bisa menjadi referensi yang sangat kita butuhkan.

Buku berisi sepuluh bab yang dimulai oleh penulis dengan memaparkan beragam tantangan sosial dan lingkungan hidup yang tengah kita hadapi. Masalah-masalah yang dalam berbagai referensi penulis tidak lepas disebabkan oleh aktifitas sosial-ekonomi manusia.

Dilanjutkan dengan pembahasan mengenai beberapa konsep ekonomi alternatif, yaitu: Green Economy, Circular Economy serta Blue Economy. Kesemuanya dipaparkan dari konsep filosofis hingga praktis-aplikatifnya.

Pembaca kemudian diajak mengenal konsep kewirausahaan sosial, dinamika perkembangannya di Indonesia, teknik-teknik yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis sosial, serta model bisnisnya (Social Business Model Canvas).

Tidak ketinggalan dibahas pula metode-metode yang bisa digunakan dalam mengukur kinerja bisnis sosial, yang tentu saja berbeda dari pengukuran kinerja bisnis konvensional atau tradisional.

Pada bab terakhir, penulis mengajak untuk mengenal profil penggerak dan pelaku perusahaan/bisnis sosial di dunia maupun di Indonesia.

Cover: Soft
Penerbit: CV. Indonesia Imaji
Harga: Rp. 65.000,-
ISBN: 978-623-8067-41-1
Halaman: xii + 182
Penulis: Muhammad Luthfi Hamdani

Buku tersebut bisa dibeli di Shopee: Penerbit Imaji

Previous Post

Kelas Menengah dan Mimpi Indonesia Emas 2045

Next Post

Brand Lebih dari Sekadar Nama

Next Post
Brand Lebih dari Sekadar Nama

Brand Lebih dari Sekadar Nama

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STAY CONNECTED

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

March 9, 2024
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

January 23, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

October 17, 2024
Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

5
Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

4
BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

2
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

1
Definisi dan Prinsip Pemasaran Media Sosial

Definisi dan Prinsip Pemasaran Media Sosial

May 14, 2025
Pengukuran Kinerja dan Dampak Kewirausahaan Sosial

Pengukuran Kinerja dan Dampak Kewirausahaan Sosial

May 13, 2025
Kain yang Bicara:  Mode, Makna, dan Tanggung Jawab terhadap Bumi

Kain yang Bicara: Mode, Makna, dan Tanggung Jawab terhadap Bumi

May 14, 2025
Dampak Kemajuan Industri China Terhadap Perubahan Iklim Dunia

Dampak Kemajuan Industri China Terhadap Perubahan Iklim Dunia

May 7, 2025
  • Penggolongan Koperasi

    Penggolongan Koperasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Lima Elemen Kualitas Layanan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • MENGENAL PHILIP KOTLER DAN PEMASARAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
FORKA

A research and training center focus on economic empowerment base on social entrepreneurship and digital technology #IndonesiaBerdaya

Email: idforka@gmail.com
Whatsapp: 0851-5840-5844

RECENT NEWS

Definisi dan Prinsip Pemasaran Media Sosial

Definisi dan Prinsip Pemasaran Media Sosial

May 14, 2025
Pengukuran Kinerja dan Dampak Kewirausahaan Sosial

Pengukuran Kinerja dan Dampak Kewirausahaan Sosial

May 13, 2025
Kain yang Bicara:  Mode, Makna, dan Tanggung Jawab terhadap Bumi

Kain yang Bicara: Mode, Makna, dan Tanggung Jawab terhadap Bumi

May 14, 2025

POPULAR POST

Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

March 9, 2024
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

January 23, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
  • TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI

© 2021 Forka Indonesia

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI

© 2021 Forka Indonesia