Riset pasar membantu untuk menemukan pelanggan bisnis Anda. Sedangkan analisis kompetitif membantu menjadikan bisnis Anda unik. Gabungkan keduanya untuk menemukan keunggulan kompetitif bisnis kecil Anda.
Gunakan riset pasar untuk menemukan pelanggan
Riset pasar memadukan perilaku konsumen dan tren ekonomi untuk mengkonfirmasi dan meningkatkan ide bisnis Anda.
Sangat penting untuk memahami basis konsumen Anda sejak awal. Riset pasar memungkinkan Anda mengurangi risiko bahkan saat bisnis Anda masih ada di tahap permulaan.
Kumpulkan informasi demografis untuk lebih memahami peluang dan batasan untuk mendapatkan pelanggan. Proses ini dapat mencakup data populasi tentang usia, kekayaan, keluarga, minat, atau apa pun yang relevan dengan bisnis Anda.
Kemudian, jawab pertanyaan-pertanyaan ini untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang pasar Anda:
- Permintaan: Apakah ada yang berminat pada produk atau layanan Anda?
- Ukuran pasar: Berapa banyak orang yang tertarik dengan penawaran Anda?
- Indikator ekonomi: Berapa kisaran pendapatan dan tingkat pekerjaan?
- Lokasi: Di mana pelanggan Anda tinggal dan di mana bisnis Anda dapat menjangkaunya?
- Saturasi pasar (Market saturation): Berapa banyak opsi serupa yang sudah tersedia bagi konsumen?
- Harga: Berapa yang dibayarkan pelanggan potensial untuk alternatif produk ini?
Anda juga perlu mengikuti tren bisnis UMKM terbaru. Penting untuk mendapatkan rasa dari pangsa pasar tertentu yang akan berdampak pada keuntungan Anda.
Anda dapat melakukan riset pasar menggunakan sumber data yang sudah ada, atau Anda dapat melakukan riset sendiri dan langsung ke konsumen.
Sumber data yang ada dapat menghemat banyak waktu dan energi, tetapi informasi tersebut mungkin tidak spesifik untuk audiens yang Anda inginkan. Gunakan data misalnya dari dinas perindustrian atau asosiasi UMKM untuk menjawab pertanyaan yang bersifat umum dan kuantitatif, seperti tren industri, demografi, dan pendapatan rumah tangga. Periksalah secara online juga bisa memudahkan anda.
Sedangkan, bertanya kepada konsumen secara langsung dapat memberi Anda pemahaman yang berbeda tentang target audiens spesifik Anda. Tapi, riset langsung bisa memakan waktu dan mahal.
Gunakan hasil riset langsung ini untuk menjawab pertanyaan tentang bisnis atau pelanggan spesifik Anda, seperti reaksi terhadap logo Anda, peningkatan yang dapat Anda lakukan untuk memberikan pengalaman lebih baik pada mereka, dan ke mana pelanggan pergi selain kepada bisnis Anda.
Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan riset langsung:
- Survei
- Kuisioner
- Fokus Grup
- Wawancara mendalam
Gunakan Analisis Kompetitif Untuk Menemukan Keunggulan Pasar
Analisis kompetitif membantu Anda belajar dari beragam bisnis yang tengah bersaing untuk ‘memenangkan’ pelanggan potensial Anda. Proses ini adalah kunci untuk mendefinisikan keunggulan kompetitif yang menciptakan pendapatan berkelanjutan.
Analisis kompetitif Anda harus mengidentifikasi persaingan Anda berdasarkan lini produk atau layanan dan segmen pasar. Nilailah karakteristik lanskap kompetitif berikut:
- Pangsa Pasar
- Kekuatan dan kelemahan
- Jendela peluang Anda untuk memasuki pasar
- Pentingnya target pasar Anda bagi pesaing Anda
- Hambatan apa pun yang dapat menghalangi Anda saat memasuki pasar
- Pesaing tidak langsung atau sekunder yang dapat memengaruhi kesuksesan Anda
Beberapa industri mungkin bersaing untuk melayani pasar yang sama dengan yang Anda targetkan. Itu sebabnya Anda harus membedakan analisis persaingan Anda dengan industri.
Ada banyak metode untuk melakukan ini, termasuk analisis Lima Kekuatan Porter (Porter’s Five Forces Analysis).
Faktor industri yang penting untuk dipertimbangkan termasuk tingkat persaingan, ancaman pesaing atau layanan baru, dan pengaruh pemasok dan pelanggan terhadap harga.