• TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
FORKA
Indonesia Imaji
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
FORKA
No Result
View All Result

Riset Pasar dan Analisa Keunggulan Kompetitif UMKM

FORKA INDONESIA by FORKA INDONESIA
July 13, 2025
in AKADEMI
0
Riset Pasar dan Analisa Keunggulan Kompetitif UMKM

Sumber gambar: Katadata.co

0
SHARES
81
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Riset pasar membantu untuk menemukan pelanggan bisnis Anda. Sedangkan analisis kompetitif membantu menjadikan bisnis Anda unik. Gabungkan keduanya untuk menemukan keunggulan kompetitif bisnis kecil Anda.

Gunakan riset pasar untuk menemukan pelanggan

Riset pasar memadukan perilaku konsumen dan tren ekonomi untuk mengkonfirmasi dan meningkatkan ide bisnis Anda.

Sangat penting untuk memahami basis konsumen Anda sejak awal. Riset pasar memungkinkan Anda mengurangi risiko bahkan saat bisnis Anda masih ada di tahap permulaan.

Kumpulkan informasi demografis untuk lebih memahami peluang dan batasan untuk mendapatkan pelanggan. Proses ini dapat mencakup data populasi tentang usia, kekayaan, keluarga, minat, atau apa pun yang relevan dengan bisnis Anda.

Kemudian, jawab pertanyaan-pertanyaan ini untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang pasar Anda:

  • Permintaan: Apakah ada yang berminat pada produk atau layanan Anda?
  • Ukuran pasar: Berapa banyak orang yang tertarik dengan penawaran Anda?
  • Indikator ekonomi: Berapa kisaran pendapatan dan tingkat pekerjaan?
  • Lokasi: Di ​​mana pelanggan Anda tinggal dan di mana bisnis Anda dapat menjangkaunya?
  • Saturasi pasar (Market saturation): Berapa banyak opsi serupa yang sudah tersedia bagi konsumen?
  • Harga: Berapa yang dibayarkan pelanggan potensial untuk alternatif produk ini?

Anda juga perlu mengikuti tren bisnis UMKM terbaru. Penting untuk mendapatkan rasa dari pangsa pasar tertentu yang akan berdampak pada keuntungan Anda.

Anda dapat melakukan riset pasar menggunakan sumber data yang sudah ada, atau Anda dapat melakukan riset sendiri dan langsung ke konsumen.

Sumber data yang ada dapat menghemat banyak waktu dan energi, tetapi informasi tersebut mungkin tidak spesifik untuk audiens yang Anda inginkan. Gunakan data misalnya dari dinas perindustrian atau asosiasi UMKM untuk menjawab pertanyaan yang bersifat umum dan kuantitatif, seperti tren industri, demografi, dan pendapatan rumah tangga. Periksalah secara online juga bisa memudahkan anda.

Baca Juga: Pilihan Terbaik untuk Menerbitkan Karyamu Menjadi Buku Ber-ISBN

Sedangkan, bertanya kepada konsumen secara langsung dapat memberi Anda pemahaman yang berbeda tentang target audiens spesifik Anda. Tapi, riset langsung bisa memakan waktu dan mahal.

Gunakan hasil riset langsung ini untuk menjawab pertanyaan tentang bisnis atau pelanggan spesifik Anda, seperti reaksi terhadap logo Anda, peningkatan yang dapat Anda lakukan untuk memberikan  pengalaman lebih baik pada mereka, dan ke mana pelanggan pergi selain kepada bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan riset langsung:

  • Survei
  • Kuisioner
  • Fokus Grup
  • Wawancara mendalam

Gunakan Analisis Kompetitif Untuk Menemukan Keunggulan Pasar

Analisis kompetitif membantu Anda belajar dari beragam bisnis yang tengah bersaing untuk ‘memenangkan’ pelanggan potensial Anda. Proses ini adalah kunci untuk mendefinisikan keunggulan kompetitif yang menciptakan pendapatan berkelanjutan.

Analisis kompetitif Anda harus mengidentifikasi persaingan Anda berdasarkan lini produk atau layanan dan segmen pasar. Nilailah karakteristik lanskap kompetitif berikut:

  • Pangsa Pasar
  • Kekuatan dan kelemahan
  • Jendela peluang Anda untuk memasuki pasar
  • Pentingnya target pasar Anda bagi pesaing Anda
  • Hambatan apa pun yang dapat menghalangi Anda saat memasuki pasar
  • Pesaing tidak langsung atau sekunder yang dapat memengaruhi kesuksesan Anda

Beberapa industri mungkin bersaing untuk melayani pasar yang sama dengan yang Anda targetkan. Itu sebabnya Anda harus membedakan analisis persaingan Anda dengan industri.

Ada banyak metode untuk melakukan ini, termasuk analisis Lima Kekuatan Porter (Porter’s Five Forces Analysis).

Faktor industri yang penting untuk dipertimbangkan termasuk tingkat persaingan, ancaman pesaing atau layanan baru, dan pengaruh pemasok dan pelanggan terhadap harga.

Previous Post

‘Tahukah Siapa Pelanggan Anda?’ Mari Membahas Segmentasi.

Next Post

Belajar dari Kesuksesan Ekspansi Minuman Taiwan

Next Post
Belajar dari Kesuksesan Ekspansi Minuman Taiwan

Belajar dari Kesuksesan Ekspansi Minuman Taiwan

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STAY CONNECTED

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

July 15, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

July 15, 2025
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

July 13, 2025
Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

4
Lomba Agustusan dan Judi Darat

Lomba Agustusan dan Judi Darat

2
Mahasiswa KKN-T MBKM Unisri Berikan Inovasi dalam Meningkatkan Omset UMKM Kripik Pare di Kalisoro

Mahasiswa KKN-T MBKM Unisri Berikan Inovasi dalam Meningkatkan Omset UMKM Kripik Pare di Kalisoro

1
Gerakan Tanam Cerdas Sahabat Tani Lawan Penyakit; Dari Mahasiswa untuk Petani, demi Hasil Panen Lebih Baik

Gerakan Tanam Cerdas Sahabat Tani Lawan Penyakit; Dari Mahasiswa untuk Petani, demi Hasil Panen Lebih Baik

1
Mahasiswa UNISRI Raih Juara di Ajang Nasional “Wira-Talk Competition” Undiknas Denpasar Bali

Mahasiswa UNISRI Raih Juara di Ajang Nasional “Wira-Talk Competition” Undiknas Denpasar Bali

November 6, 2025
Urgensi Pengelolaan Risiko Bisnis

Urgensi Pengelolaan Risiko Bisnis

October 28, 2025
PMII Rayon Mohammad Hatta Gelar Diskusi “Teras Pergerakan” Bahas September Hitam

PMII Rayon Mohammad Hatta Gelar Diskusi “Teras Pergerakan” Bahas September Hitam

October 8, 2025
HIMATEPA UNTIDAR Gelar Edukasi Gizi Lele dan Legalitas Usaha untuk UMKM Pangan di Desa Butuh

HIMATEPA UNTIDAR Gelar Edukasi Gizi Lele dan Legalitas Usaha untuk UMKM Pangan di Desa Butuh

October 8, 2025
  • Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

    Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenal Philip Kotler dan Pemasaran

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
FORKA

A research and training center focus on economic empowerment base on social entrepreneurship and digital technology #IndonesiaBerdaya

Email: idforka@gmail.com
Whatsapp: 0851-5840-5844

RECENT NEWS

Mahasiswa UNISRI Raih Juara di Ajang Nasional “Wira-Talk Competition” Undiknas Denpasar Bali

Mahasiswa UNISRI Raih Juara di Ajang Nasional “Wira-Talk Competition” Undiknas Denpasar Bali

November 6, 2025
Urgensi Pengelolaan Risiko Bisnis

Urgensi Pengelolaan Risiko Bisnis

October 28, 2025
PMII Rayon Mohammad Hatta Gelar Diskusi “Teras Pergerakan” Bahas September Hitam

PMII Rayon Mohammad Hatta Gelar Diskusi “Teras Pergerakan” Bahas September Hitam

October 8, 2025

POPULAR POST

Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

July 15, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

July 15, 2025
  • TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI

© 2021 Forka Indonesia

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI

© 2021 Forka Indonesia