• TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
FORKA
Indonesia Imaji
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
FORKA
No Result
View All Result

Tidak Semua Orang Cocok Jadi Wirausahawan

FORKA INDONESIA by FORKA INDONESIA
August 23, 2023
in OPINI
0
Tidak Semua Orang Cocok Jadi Wirausahawan

business

0
SHARES
7
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Penulis: Luthfi Hamdani

Setelah hampir tiga tahun menjalankan bisnis (hustle) @indonesiaimaji dan diskusi dengan mahasiswa tentang kewirausahaan serta manajemen bisnis, akhirnya saya sampai pada kesimpulan bahwa tidak semua orang cocok jadi wirausahawan. Lebih tepatnya, hanya bakal ada sangat sedikit orang yang layak jadi wirausahawan atau pebisnis.

Pengalaman ini mengonfirmasi data kementerian perindustrian bahwa Indonesia hanya punya 3,47% wirausahawan dari total jumlah penduduk. Juga mengonfirmasi informasi yang menyatakan angka kesempatan kerja di Indonesia masih relatif rendah dibanding dengan pertumbuhan jumlah penduduk (angkatan kerja). Yups, tanpa ada semakin banyak orang yang melakukan investasi (memulai menjadi wirausahawan), angka kesempatan kerja ini tidak akan meningkat.

Lalu kenapa tidak banyak yang mau juga tidak cocok jadi wirausahawan? Jawabannya karena tidak semua orang punya minat, bakat, dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pengusaha sukses. Selain itu, faktor seperti dukungan modal, ekosistem komunitas, pasar yang sudah jenuh dan sulit diakses produk baru, regulasi juga jadi momok yang menyeramkan.

Sejauh pengalaman di kelas, ketika sesi “brainstorming” memunculkan ide bisnis, mayoritas yang diajukan teman-teman mahasiswa adalah bisnis food and beverages; khususnya jajanan dan minuman seperti es teh dan sejenisnya. Tidak cukup banyak yang berani memunculkan ide yang benar-benar unik. Ini mengonfirmasi penelitian saya tahun 2022 bahwa pengalaman terdahulu jadi salah satu variabel kunci yang menentukan niat melakukan wirausaha. Padahal produk sejenis tersebut sudah sangat jenuh pasarnya.

Itu baru dari ide. Masalah lain yang paling sering muncul adalah modal, lebih tepatnya dana. Tidak cukup banyak di antara kita yang punya privilege untuk memperoleh pendanaan internal (dari uang sendiri atau dari keluarga) untuk memulai usaha. Sedangkan di fase awal ini jelas lembaga keuangan bank maupun non-bank pasti belum bisa diakses.

Sebagian yang punya sedikit modal, hasil nabung selama sekolah atau kerja, juga tidak cukup keberanian menginvestasikan dananya untuk bisnis. Jelas, sebab resiko bangkrut terus menghantui dan bisa berujung pada financial suicide (bunuh diri finansial). Pertanyaan yang sering muncul: “Dengan nominal modal yang tersedia, mampu bertahan berapa lama menutup beban-beban usaha di fase awal, tanpa revenue?” Besar harapan program inklusi keuangan dari pemerintah bisa sedikit mengatasi aspek yang ini.

Satu lagi. Jualan (selling) tidak pernah semudah yang dibayangkan. Banyak yang gagal menjual gara-gara malu, banyak juga yang gagal sebab tidak tahu step by step-nya. Banyak yang tidak berani mempresentasikan dan mendemonstrasikan produk di hadapan khalayak ramai.

Banyak lagi yang bahkan untuk personal selling, bertemu satu lawan satu dengan pembeli potensialnya mati gaya, tidak bisa negosiasi, tidak menguasai product knowledge dengan baik. Sedangkan kita tahu, gak akan ada bisnis tanpa jualan.

Perkembangan digital marketing dan digital selling bisa mengakomodir kondisi ini, namun dengan syarat si wirausahawan musti upgrade pengetahuan dan keterampilan di tengah tren teknologi yang terus berubah.

Previous Post

Kenapa Menikah Bernilai Ibadah?

Next Post

Mengurai Indonesia Negara Fatherless

Next Post
Mengurai Indonesia Negara Fatherless

Mengurai Indonesia Negara Fatherless

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STAY CONNECTED

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

March 9, 2024
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

January 23, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

October 17, 2024
Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

5
Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

4
BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

2
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

1
Definisi dan Prinsip Pemasaran Media Sosial

Definisi dan Prinsip Pemasaran Media Sosial

May 14, 2025
Pengukuran Kinerja dan Dampak Kewirausahaan Sosial

Pengukuran Kinerja dan Dampak Kewirausahaan Sosial

May 13, 2025
Kain yang Bicara:  Mode, Makna, dan Tanggung Jawab terhadap Bumi

Kain yang Bicara: Mode, Makna, dan Tanggung Jawab terhadap Bumi

May 14, 2025
Dampak Kemajuan Industri China Terhadap Perubahan Iklim Dunia

Dampak Kemajuan Industri China Terhadap Perubahan Iklim Dunia

May 7, 2025
  • Penggolongan Koperasi

    Penggolongan Koperasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Lima Elemen Kualitas Layanan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • MENGENAL PHILIP KOTLER DAN PEMASARAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
FORKA

A research and training center focus on economic empowerment base on social entrepreneurship and digital technology #IndonesiaBerdaya

Email: idforka@gmail.com
Whatsapp: 0851-5840-5844

RECENT NEWS

Definisi dan Prinsip Pemasaran Media Sosial

Definisi dan Prinsip Pemasaran Media Sosial

May 14, 2025
Pengukuran Kinerja dan Dampak Kewirausahaan Sosial

Pengukuran Kinerja dan Dampak Kewirausahaan Sosial

May 13, 2025
Kain yang Bicara:  Mode, Makna, dan Tanggung Jawab terhadap Bumi

Kain yang Bicara: Mode, Makna, dan Tanggung Jawab terhadap Bumi

May 14, 2025

POPULAR POST

Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

March 9, 2024
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

January 23, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
  • TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI

© 2021 Forka Indonesia

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI

© 2021 Forka Indonesia