• TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
FORKA
Indonesia Imaji
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
FORKA
No Result
View All Result

Konsep dan Prinsip Social Media Marketing

FORKA INDONESIA by FORKA INDONESIA
October 25, 2024
in AKADEMI
0
Konsep dan Prinsip Social Media Marketing

Smartphone with carousel interface post on social network. Social media design concept. Vector illustration.

0
SHARES
84
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
Definisi Pemasaran Media Sosial

Media sosial identik dengan berbagai teknologi yang memfasilitasi pertukaran (berbagi) ide dan informasi di antara penggunanya. Menurut Oxford Dictionary, media sosial adalah: ‘situs web dan aplikasi yang memungkinkan pengguna membuat dan berbagi konten atau berpartisipasi dalam jejaring sosial’. Dari Facebook, Instagram hingga platform X (sebelumnya Twitter) dan YouTube, lebih dari 4,7 miliar orang menggunakan media sosial, setara dengan sekitar 60% populasi dunia. (Investopedia.com)

Menjurut (Yadav & Rahman, 2017), Pemasaran Media Sosial adalah suatu proses dimana bisnis menciptakan, mengkomunikasikan dan menyampaikan penawaran pemasaran online melalui media sosial untuk menjaga hubungan pemangku kepentingan yang dapat meningkatkan nilai pemangku kepentingan dengan menyediakan interaksi, berbagi informasi, dan menawarkan rekomendasi pembelian yang dipersonalisasi.

Menurut Gunelius dalam (Meliawati et al., 2023), pemasaran media sosial adalah pemasaran langsung atau tidak langsung yang menggunakan sumber daya dari web sosial, seperti blogging, mikroblog, jejaring sosial, dan berbagi konten, untuk meningkatkan kesadaran, pengakuan, memori merek atau produk, dan tindakan.

Baca Juga: Buku Referensi Membangun Bisnis Sosial

Pemasaran media sosial adalah penggunaan media sosial, platform tempat pengguna membangun jaringan sosial dan berbagi informasi, untuk membangun merek perusahaan, meningkatkan penjualan, dan mengarahkan lalu lintas situs web.

Selain juga menyediakan cara bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan lama dan menjangkau pelanggan baru, pemasaran media sosial memiliki analisis data yang dibuat khusus sehingga memungkinkan pemasar melacak keberhasilan upaya mereka dan mengidentifikasi lebih banyak cara untuk terlibat.

 

Prinsip dalam Penggunaan Media Sosial

Franziska Iseli dalam buku “Social Media for Small Business” (Iseli, 2021; 11-13) menuliskan prinsip MAVERICK dalam penggunaan media sosial apapun.

  1. Momentum: Agar mendapatkan hasil luar biasa dari pemasaran media sosial, Anda membutuhkan waktu, konsistensi, dan fokus. Jangan menyerah terlalu cepat. Tidak ada kesuksesan dalam semalam. Bersikaplah konsisten dan Anda akan mendapatkan momentumnya.
  2. Audience (Penonton): Selalu ingat audiens Anda. Ingatlah bahwa ada banyak orang di sisi lain layar. Lakukan interaksi sosial dan buat konten dengan mempertimbangkan audiens Anda.
  3. Value (Nilai): Pimpinlah dengan nilai. Cara tercepat untuk membangun kepercayaan dan terhubung dengan audiens Anda adalah dengan menambah nilai (value). Utamakan kualitas bukan kuantitas.
  4. Enjoyment (Kenikmatan): Pilih jejaring sosial yang Anda sukai. Jika ada saluran media sosial yang bagus untuk bisnis Anda tetapi Anda tidak menikmatinya sama sekali, lakukan pengalihan tugas (outsourcing) penerapan strategi konten Anda di saluran tersebut.
  5. Relationship (Hubungan): Fokus untuk terhubung dengan audiens Anda dan membangun hubungan. Teknologi ini disebut media sosial karena satu alasan tersebut. Bersikaplah luwes dalam media sosial.
  6. Improvement (Peningkatan): Cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari upaya media sosial Anda adalah dengan terus meningkatkan konten, kampanye, dan sebagainya. Lihatlah analitik Anda dan amati apa yang berhasil dan apa yang tidak.
  7. Consistency (Konsistensi): Media sosial adalah alat yang brilian agar merek Anda diperhatikan oleh khalayak yang lebih luas. Pastikan ada konsistensi merek di seluruh saluran Anda dan buat konten yang mencerminkan strategi merek Anda.
  8. Kindness (Kebaikan): Selalu tanggapi dengan kebaikan. Ada cukup banyak gosip, fitnah, dan bahkan bullying yang beredar. Jangan ikut-ikutan. Kembangkan media sosial Anda dengan kebaikan.

Menurut (Linda, 2015), beberapa perusahaan sudah mampu mengembangkan bisnisnya secara massif karena kecerdasan mereka menggunakan pemasaran media sosial ini. Beberapa tipsnya sebagai berikut:

  1. Libatkan pelanggan Anda
  2. Dengarkan pelanggan Anda
  3. Membangun jaringan bisnis Anda
  4. Temukan pemandu sorakmu
  5. Lakukan berulang kali

****

Referensi:

Coles, Linda – Marketing with social media_ learn the basics in 10 easy steps-John Wiley & Sons (2015)

Iseli, F. (2021). Social media for small business: marketing strategies for business owners. John Wiley & Sons.

 

Previous Post

Proses dan Pengambilan Keputusan Manajemen Risiko

Next Post

Peduli Lingkungan? Nanti aja, Lebih Seru Bahas Proker dan Berdebat di Ruangan Penuh Sampah!

Next Post
Peduli Lingkungan? Nanti aja, Lebih Seru Bahas Proker dan Berdebat di Ruangan Penuh Sampah!

Peduli Lingkungan? Nanti aja, Lebih Seru Bahas Proker dan Berdebat di Ruangan Penuh Sampah!

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STAY CONNECTED

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

July 15, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

July 15, 2025
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

July 13, 2025
Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

4
Lomba Agustusan dan Judi Darat

Lomba Agustusan dan Judi Darat

2
Mahasiswa KKN-T MBKM Unisri Berikan Inovasi dalam Meningkatkan Omset UMKM Kripik Pare di Kalisoro

Mahasiswa KKN-T MBKM Unisri Berikan Inovasi dalam Meningkatkan Omset UMKM Kripik Pare di Kalisoro

1
Gerakan Tanam Cerdas Sahabat Tani Lawan Penyakit; Dari Mahasiswa untuk Petani, demi Hasil Panen Lebih Baik

Gerakan Tanam Cerdas Sahabat Tani Lawan Penyakit; Dari Mahasiswa untuk Petani, demi Hasil Panen Lebih Baik

1
Mahasiswa UNISRI Raih Juara di Ajang Nasional “Wira-Talk Competition” Undiknas Denpasar Bali

Mahasiswa UNISRI Raih Juara di Ajang Nasional “Wira-Talk Competition” Undiknas Denpasar Bali

November 6, 2025
Urgensi Pengelolaan Risiko Bisnis

Urgensi Pengelolaan Risiko Bisnis

October 28, 2025
PMII Rayon Mohammad Hatta Gelar Diskusi “Teras Pergerakan” Bahas September Hitam

PMII Rayon Mohammad Hatta Gelar Diskusi “Teras Pergerakan” Bahas September Hitam

October 8, 2025
HIMATEPA UNTIDAR Gelar Edukasi Gizi Lele dan Legalitas Usaha untuk UMKM Pangan di Desa Butuh

HIMATEPA UNTIDAR Gelar Edukasi Gizi Lele dan Legalitas Usaha untuk UMKM Pangan di Desa Butuh

October 8, 2025
  • Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

    Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenal Philip Kotler dan Pemasaran

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
FORKA

A research and training center focus on economic empowerment base on social entrepreneurship and digital technology #IndonesiaBerdaya

Email: idforka@gmail.com
Whatsapp: 0851-5840-5844

RECENT NEWS

Mahasiswa UNISRI Raih Juara di Ajang Nasional “Wira-Talk Competition” Undiknas Denpasar Bali

Mahasiswa UNISRI Raih Juara di Ajang Nasional “Wira-Talk Competition” Undiknas Denpasar Bali

November 6, 2025
Urgensi Pengelolaan Risiko Bisnis

Urgensi Pengelolaan Risiko Bisnis

October 28, 2025
PMII Rayon Mohammad Hatta Gelar Diskusi “Teras Pergerakan” Bahas September Hitam

PMII Rayon Mohammad Hatta Gelar Diskusi “Teras Pergerakan” Bahas September Hitam

October 8, 2025

POPULAR POST

Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

July 15, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

July 15, 2025
  • TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI

© 2021 Forka Indonesia

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI

© 2021 Forka Indonesia