Karanganyar – Kuliah Kerja Nyata Tematik ini dilaksanakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, HestiĀ Uswatul Jannah (Kelompok 04) dengan DPL Nur Endah Fajar Hidayah,SE, M.Ak di Desa Lempong, Kec.Jenawi, Kab. Karangayar.
Kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 19 Agusutus 2021 dirumah salah satu pelaku UMKM desa Lempong. dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, memakai masker dan tidak berkerumun.
UMKM merupakan Usaha Mikro, Kecil, Menengah atau usaha yang dijalankan oleh perseorangan, rumah tangga, maupun badan usaha kecil.
Diketahui bahwa pemasaran melalui media sosial memudahkan pelaku UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memperluas pangsa pasar, meningkatkan awareness dan meningkatkan penjualan bagi pelaku UMKM, untuk itu penting bagi pelaku UMKM untuk menerapkan digital marketing sebagai strategi bisnis.
“Berdasarkan survei yang saya lakukan UMKM di desa Lempong ini masih sangat minim dalam pemasarannya, untuk itu saya melakukan Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran melalui Media Sosial terutama melalui media instragram untuk dapat digunakan dalam pemasaran produk/layanan. Pemilik UMKM sangat senang dan antusias dengan pelatihan dan pendampingan yang saya lakukan, mereka berharap produk mereka dapat lebih laku dipasaran luar tidak hanya dilingkup desa saja” Ujar Hesti.
Adapun salah satu program yang di lakukan oleh Hesti adalah memberikan pelatihan mengenai strategi memaksimalkan Sosial Media sebagai sarana pemasaran online. Misalnya, Membuat konten yang seru dan kreatif, menata feed dan membuat caption instagram yang menarik, mengaktifkan fitur Instagram business, dan lain-lain.
Hesti juga menyampaikan harapan dilakukannya pelatihan ini adalah agar membantu mitra dalam memaksimalkan pemasaran secara online untuk memperluas pangsa pasar dan pelaku UMKM dapat mempertahankan dan meningkatkan produktivitasnya di masa pandemi.