• TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
FORKA
Indonesia Imaji
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
FORKA
No Result
View All Result

Pelatihan Pengambilan Foto Produk untuk Memaksimalkan Pemasaran UMKM

FORKA INDONESIA by FORKA INDONESIA
August 29, 2023
in BERITA
0
Pelatihan Pengambilan Foto Produk untuk Memaksimalkan  Pemasaran UMKM
0
SHARES
74
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Penulis: Adhimas Mahesa Bagaskara

PENDAHULUAN

Mahasiswa sebagai generasi yang akan meneruskan cita cita bangsa diharapkan mampu membantu masyarakat dengan merealisaskan segala ilmu ilmu yang telah didapat dari kampus. Dengan adanya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa menjadi berguna serta membantu memecahkan masalah yang ada di lingkungan masyarakat terutama masyarakat yang memiliki Usaaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Padakesempatan ini KKN melakukan pengabdian di Desa Glintang.

Desa Glintang memiliki jumlah pelaku usaha UMKM yang lumayan banyak. Jenis usaha UMKM rumahan yang dibuat oleh masyarakat Desa Glintang diantaranya: warung makan dan minuman, toko kelontong, usaha mabel, usaha binatu dan sebagainya. Tak jarang dari penjual belum melakukan kegiatan foto produk dimana foto produk juga aspek penting dalam memasarkan barang mereka. Foto peroduk tidak hanya dilakukan untuk usaha-usaha yang berskala besar saja, tetapi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti usaha toko kelontong, warung makan dan minuman, usaha mabel dan usaha mabel juga perlu melakukan foto produk agar tidak kalah dari perusahaan yang lebih besar. Foto produk membantu produk UMKM menjadi lebih dikenal, menarik minat, menegaskan roduk apa yang dijual, sebagai rangsangan kepada pembeli dan calon pembeli agar mau membeli produk atau bisa disebut dengan mengiklankan yang menargetkan sikologi pembeli atau calon pembeli.

Masih sedikit dari para pelaku usaha rumahan di Desa Glintang, Kecamatan Sambi, Boyolali yang belum melakukan aktifitas pengambilan foto produk. Walaupun sudah ada beberapa yang sudah meneapkan foto produk untuk menarik minat pembeli. Namun masih terdapat beberapa pelaku usaha UMKM di Desa Glintang, Kecamatan Sambi, Boyolali yang belum melakukan aktifitas pengambilan foto produk. Jikapun ada Sebagian pelaku usaha UMKM yang melakukan aktifitas manajemen persediaan barang dagang masih dilakukan secara manual. Dengan tidak diberlakukannya pengambilan foto produk dikawatirkan para UMKM melewatkan colon pembeli potensial dikarenakan calon pembeli dikarenakan mereka tidak tahu bahwa barang yang mereka jual (UMKM) sebenarnya tidak kalah saing dengan perusahaan besar yang ada.

METODE

Dalam melaksanakan program kerja ini saya mengawasi dan mengarahkan secara langsung kepada para UMKM cara melaksanakan pengambilan foto produk. Saya mendatangi secara langsung dan bertanya kepada pelaku UMKM barang apa saja yang di jual dan bagaimana cara mereka menarik pelanggan. Ada pula beberapa metode yang digunakan dalam pengambilan data:

  1. Observasi partisipan: Metode riset yang melibatkan peneliti secara langsung terlibat dalam aktivitas atau situasi yang diamati. Dalam observasi partisipan, peneliti tidak hanya menjadi pengamat eksternal, tetapi juga terlibat secara aktif dalam kegiatan yang sedang diamati.
  2. Wawancara (interview): proses pengumpulan informasi atau data melalui interaksi langsung antara pewawancara dan narasumber untuk mendapat informasi yang diinginkan. Pertanyaan yang diberikan adalah bagaimana bapak atau ibu memamerkan barang kepada pembeli?, bagaimana bapak atau ibu mempromosikan produk kepada pelanggan
  3. Pelatihan: Pelatihan merupakan untuk meningkatkan kinerja, produktivitas, dan kemampuan individu atau kelompok dalam lingkungan tertentu Pelatihan yang dilakukan adalah dengan mengajarkan kepada UMKM cara menata barang, mengatur pencahayaan di kamera, mengajarkan cara mengatur kecepatan pengambilan gambar, mengajarkan cara memilih posisi yang bagus saat mengambil foto produk Semua pelatihan tersebut dilakukan secara langsung.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Kondisi yang saya temukan di lapangan adalah banyak pelaku UMKM tidak melakukan pengambilan foto produk dan banyak pula yang tidak menggunakan kamera dan tidak memiliki smartphone dikarenakan banyak dari pelaku UMKM yang telah lanjut usia. Oleh karena itu saya terlebih dahulu mengenalkan fitur kamera dalam smartphone, setelah itu mengajarkan cara pengambilan foto :

  1. Survei dilakukan terebih dahulu dengan memilih beberapa toko yang ada di daerah glinting untuk mendapat hasil observasi apakah sudah ada yang menerapkan pengambilan foto produk atau
  2. Dan jika terdapat pelaku usaha yang belum melakukan pengambilan foto produk saya menawarkan diri mengajarkan kepada pelaku UMKM tersebut cara mengambil foto dengan mengunakan kamera
  3. Jika pelaku UMKM tersebut berminat maka saya mengajarkan cara standar mengambil foto produk.
  4. Saya mengajarkan cara mengatur kecerahan pada kamera smartphone agar tidak terlalu cerah dan tidak teralu gelap saat sesi pengambilan foto
  5. Tahap selanjutnya adalah saya mengajarkan pengaturan kecepatan pengambilan foto yang pas saat mengambil gambar agar komposisi kecerahan foto dapat seimbang dengan kecepatan
  6. Mengajarkan cara menata produk dan memilih background foto agar terlihat lebih bagus saat foto diambil.
  7. Mengunggah foto di social media pemilik took agar tak hanya masyarakat sekitar namun banyak orang luar mengetahiu barang dai took tersebut juga untuk menarik calon pelanggan dari luar desa

Dengan foto produk diharapkan mampu meningkatkan penjualan dan mampu menarik pelanggan baru yang akan membeli barang dari UMKM di desa glinting. Serta mampu memberi ide kreatifitas para UMKM supaya dapat menarik pelanggan agar usaha yang mereka buat lebih ramai oleh konsumen.

PENUTUP

Permasalahan yang saya hadapi dalam rangka perealisasian program kerja ini adalah banyak dari pelaku UMKM adalah masyarakat lanjut usia yang menyebabkan kesulitan dalam mengajarkan cara mengambil foto. Banyak juga dari mereka yang tidak memiliki alat untuk mengambil gambar. Mereka juga kurang memahami teknologi terbaru yang telah ada yang membuat saya sedikit kesulitan dalam mengajarkan cara mengambil foto poduk. Untuk Mahasiswa di tahun selanjutnya yang akan KKN di desa Glintang dianjurkan untuk melakukan sosialisasi foto produk untuk keperluan pemasaran digital di media social.

 

Previous Post

Sejak Dini Sadar Harus Nabung Siswa Sekolah Dasar Di Desa Ngaglik

Next Post

Sosialisasi Sikap Anti Korupsi dan Gemar Menabung bagi Siswa SD-MI di Desa Glintang

Next Post
Sosialisasi Sikap Anti Korupsi dan Gemar Menabung bagi Siswa SD-MI di Desa Glintang

Sosialisasi Sikap Anti Korupsi dan Gemar Menabung bagi Siswa SD-MI di Desa Glintang

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STAY CONNECTED

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

July 15, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

July 15, 2025
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

July 13, 2025
Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

4
Lomba Agustusan dan Judi Darat

Lomba Agustusan dan Judi Darat

2
Mahasiswa KKN-T MBKM Unisri Berikan Inovasi dalam Meningkatkan Omset UMKM Kripik Pare di Kalisoro

Mahasiswa KKN-T MBKM Unisri Berikan Inovasi dalam Meningkatkan Omset UMKM Kripik Pare di Kalisoro

1
Gerakan Tanam Cerdas Sahabat Tani Lawan Penyakit; Dari Mahasiswa untuk Petani, demi Hasil Panen Lebih Baik

Gerakan Tanam Cerdas Sahabat Tani Lawan Penyakit; Dari Mahasiswa untuk Petani, demi Hasil Panen Lebih Baik

1
Mahasiswa UNISRI Raih Juara di Ajang Nasional “Wira-Talk Competition” Undiknas Denpasar Bali

Mahasiswa UNISRI Raih Juara di Ajang Nasional “Wira-Talk Competition” Undiknas Denpasar Bali

November 6, 2025
Urgensi Pengelolaan Risiko Bisnis

Urgensi Pengelolaan Risiko Bisnis

October 28, 2025
PMII Rayon Mohammad Hatta Gelar Diskusi “Teras Pergerakan” Bahas September Hitam

PMII Rayon Mohammad Hatta Gelar Diskusi “Teras Pergerakan” Bahas September Hitam

October 8, 2025
HIMATEPA UNTIDAR Gelar Edukasi Gizi Lele dan Legalitas Usaha untuk UMKM Pangan di Desa Butuh

HIMATEPA UNTIDAR Gelar Edukasi Gizi Lele dan Legalitas Usaha untuk UMKM Pangan di Desa Butuh

October 8, 2025
  • Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

    Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenal Philip Kotler dan Pemasaran

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
FORKA

A research and training center focus on economic empowerment base on social entrepreneurship and digital technology #IndonesiaBerdaya

Email: idforka@gmail.com
Whatsapp: 0851-5840-5844

RECENT NEWS

Mahasiswa UNISRI Raih Juara di Ajang Nasional “Wira-Talk Competition” Undiknas Denpasar Bali

Mahasiswa UNISRI Raih Juara di Ajang Nasional “Wira-Talk Competition” Undiknas Denpasar Bali

November 6, 2025
Urgensi Pengelolaan Risiko Bisnis

Urgensi Pengelolaan Risiko Bisnis

October 28, 2025
PMII Rayon Mohammad Hatta Gelar Diskusi “Teras Pergerakan” Bahas September Hitam

PMII Rayon Mohammad Hatta Gelar Diskusi “Teras Pergerakan” Bahas September Hitam

October 8, 2025

POPULAR POST

Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

Ragam Klasifikasi Koperasi yang Wajib Kamu Tahu

July 15, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

Kenali Lima Elemen Kualitas Layanan dalam Bisnis

July 15, 2025
  • TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI

© 2021 Forka Indonesia

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI

© 2021 Forka Indonesia