• TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
FORKA
Indonesia Imaji
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
    • DIGITAL CREATIVE AGENCY
    • TOKO BERDAYA
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
    • DIGITAL CREATIVE AGENCY
    • TOKO BERDAYA
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
FORKA
No Result
View All Result

[IKLAN] GAP TEORI DAN PRAKTEK JUALAN

FORKA INDONESIA by FORKA INDONESIA
July 6, 2020
in Uncategorized
0
[IKLAN] GAP TEORI DAN PRAKTEK JUALAN
0
SHARES
106
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Penulis: Luthfi Hamdani
⁣
Ketika kuliah di Semarang, Prof. Augusty F., yang mengajar di kelas pemasaran berkelakar: “Saya ini ngajar marketing sudah puluhan tahun, tapi setiap kali nyoba closing selalu gak bisa-bisa.” Closing ini istilah lain dari terjadinya kesepakatan beli atas barang/jasa yang kita tawarkan. ⁣
⁣
Beliau termasuk salah satu yang terbaik (di Indonesia) urusan riset pemasaran. Buku-bukunya menjadi rujukan dan seminar atau kelas-kelas pelatihan yang ia adakan selalu ramai, walaupun mahal (bagi saya). Kelakar/guyonan tadi bisa dimaknai (selalu) adanya disparitas/gap yang mengakar lama antara teori dan hasil riset yang diajar di kelas dengan praktek marketing di lapangan. Disparitas yang sering muncul dalam perbedaan “rasa” saat diajar dosen yang murni akademisi dengan dosen yang juga praktisi. ⁣
⁣
Perjuangan nyata sulitnya proses selling/”menjual”/closing (bagian dari marketing) yang lebih tahu adalah mbak-mbak SPG yang musti pakai baju “mini” untuk mengeksplorasi hasrat seksual remaja-remaja tanggung di warung kopi, oleh makelar yang masang foto barang bukan miliknya di story medsos dan keliling nyari orang yang butuh mobil/motor/tanah baru, dirasakan oleh pegawai tele-marketing yang musti nelepon dan nawarkan produk ke orang-orang random yang gak mereka kenal, dirasakan admin online shop yang musti mengubah rasa penasaran/tanya-tanya jadi pembelian, dirasakan penjaga toko ponsel yang musti “nari” di pinggir jalan untuk menarik perhatian dan nawarkan diskon, oleh agen MLM yang jualan kalung berkhasiat serbaguna — yang mereka sendiri ragukan adanya, dan lain-lain. ⁣
⁣
Apakah riset dan teori jadi gak penting? Tentu penting. Keduanya jadi sarana bagi banyak orang untuk tahu pola-pola umum dari topik penjualan/pemasaran. Variabel/faktor/strategi apa saja yang bisa menghadirkan keputusan pembelian, kepuasan konsumen, awareness dan keteringatan merek, sampai niat beli atau kunjung ulang dari pelanggan. Riset berguna (dan mustinya selalu ditujukan) untuk mengidentifikasi masalah, menutup kekurangan temuan riset yang sudah ada dan menelaah menggunakan kodidor teori induk, lalu menyimpulkan.

Lebih penting dari itu, teringat masukan zaman sidang dulu: “Setiap kesimpulan harus disertai saran/rekomendasi yang aplikatif: tepat guna dan jelas. Kalau cuma normatif/standar/asal ngapain capek-capek bikin naskah setebal ini.!” Jadi, yang lebih penting dari sekadar tahu teori adalah praktik langsung, tapi tanpa teori ya bakal ngasal, gambling.

Dalam post ini, saya jualan kaos polos di akun instagram @mulia.busana dan buku dari berbagai kategori di @bukuimaji 

Previous Post

ISLAM DAN MARXISME DALAM EKONOMI 

Next Post

Membangun Harmoni Bisnis dan Kelestarian Lingkungan Hidup

Next Post
Membangun Harmoni Bisnis dan Kelestarian Lingkungan Hidup

Membangun Harmoni Bisnis dan Kelestarian Lingkungan Hidup

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STAY CONNECTED

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

December 14, 2021
Teknologi dan Produksi Bersih

Teknologi dan Produksi Bersih

November 19, 2021
Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

September 1, 2021
Motivasi, Mindset dan Kreatifitas Wirausaha

Motivasi, Mindset dan Kreatifitas Wirausaha

November 8, 2021
Program Studi Bisnis Digital Politeknik AKBARA

Program Studi Bisnis Digital Politeknik AKBARA

5
Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

4
BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

2
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

1
POTRET KESEHARIAN DALAM BINGKAI FOTO

POTRET KESEHARIAN DALAM BINGKAI FOTO

January 27, 2023
KULIAH ASYIK, RASA PIKNIK DI TA MEDIA GRUP

KULIAH ASYIK, RASA PIKNIK DI TA MEDIA GRUP

January 27, 2023
Booklet Profil Kampus Politeknik Akbara Surakarta 2022

Booklet Profil Kampus Politeknik Akbara Surakarta 2022

November 14, 2022
Al-Aqsa Jogja; Sebuah Ruang untuk Berproses

Al-Aqsa Jogja; Sebuah Ruang untuk Berproses

September 29, 2022
  • Lima Elemen Kualitas Layanan

    Lima Elemen Kualitas Layanan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Teknologi dan Produksi Bersih

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Penggolongan Koperasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Motivasi, Mindset dan Kreatifitas Wirausaha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
FORKA

FORKA INDONESIA adalah platform riset dan pengembangan kewirausahaan sosial dan religius, pengembangan skil profesional dan pemberdayaan komunitas. Menuju Indonesia Berdaya.

Email: idforka@gmail.com
Whatsapp: 0859-4297-9521

RECENT NEWS

POTRET KESEHARIAN DALAM BINGKAI FOTO

POTRET KESEHARIAN DALAM BINGKAI FOTO

January 27, 2023
KULIAH ASYIK, RASA PIKNIK DI TA MEDIA GRUP

KULIAH ASYIK, RASA PIKNIK DI TA MEDIA GRUP

January 27, 2023
Booklet Profil Kampus Politeknik Akbara Surakarta 2022

Booklet Profil Kampus Politeknik Akbara Surakarta 2022

November 14, 2022

POPULAR POST

Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

December 14, 2021
Teknologi dan Produksi Bersih

Teknologi dan Produksi Bersih

November 19, 2021
Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

September 1, 2021
  • TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI

© 2021 Forka Indonesia

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI

© 2021 Forka Indonesia