• TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
FORKA
Indonesia Imaji
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
FORKA
No Result
View All Result

TREN PERAWATAN TUBUH PRIA

FORKA INDONESIA by FORKA INDONESIA
December 16, 2019
in Uncategorized
0
0
SHARES
90
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Dulu, wanita merupakan pasar potensial yang sangat menjanjikan bagi para pelaku bisnis yang menggarap kategori produk personal care. Dulu juga ada istilah pria metroseksual, yaitu pria yang lebih peduli pada perawatan tubuh dan cara berbusananya.

Namun, istilah ini sekarang mungkin sudah hampir tak berlaku. Tak ada lagi pria metroseksual, karena rata-rata pria sekarang ini sudah peduli pada perawatan tubuh dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit dan kosmetik untuk pria.

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan terhadap 1.000 pria di Amerika Serikat dan Inggris pada tahun 2013, pria saat ini merasakan tekanan yang meningkat untuk “mempercantik” diri mereka. Penelitian berjudul “The State of Men” dan dilakukan oleh perusahaan pemasaran J. Walter Thompson ini menemukan bahwa 54 persen pria saat ini secara teratur menggunakan produk perawatan kulit seperti pelembab dan krim mata.

Sedangkan menurut hasil survey yang dirilis Kantar Worldpanel Indonesia baru-baru ini, menunjukkan bahwa pertumbuhan penetrasi di kategori personal care untuk segmen pria jauh lebih tinggi dibandingkan wanita.

Tren itu menyiratkan bahwa saat ini konsumen mencari produk personal care yang relevan dengan diri mereka serta yang sanggup memenuhi kebutuhan personal mereka.

Masih menurut Kantar Worldpanel Indonesia, jika dibandingkan tahun 2015, maka pada tahun 2016,  ada tiga produk yang memiliki pertumbuhan penetrasi yang sangat tinggi di kategori personal care yang menyasar segmen pria. Ketiganya adalah produk shampoo, pembersih wajah, dan deodoran.

Produk Perawatan Tubuh Khusus Pria, Perlukah?

Dalam banyak iklan, baik di TV, media sosial dan sebagainya, perawatan kulit yang khusus ditujukan untuk pria dilabeli dengan ‘For Men’, ‘For Him’, atau apapun istilahnya.

Selain perbedaan pada desain kemasan produk (produk khusus pria biasanya didominasi warna hitam dengan desain maskulin, sementara produk wanita biasanya berwarna pink, putih, desain feminin berbunga, dan sebagainya), apa sebenarnya yang membedakan produk perawatan pria dan wanita?

Apakah segregasi terebut sekedar trik pemasaran?

Faktanya, menurut artikel di website womantalk.com, kulit pria memang 25% lebih tebal dari kulit wanita, sehingga kulit pria tidak sesensitif wanita dan lebih tahan terhadap bahan aktif yang lebih kuat. Akan tetapi, menurut Dr. Bobby Buka, dermatolog dari New York, kepada The Huffington Post, perbedaan utama pada produk perawatan kulit pria dan wanita hanya satu: pewangi.

Pewangi pada produk pria lebih maskulin, sementara produk wanita lebih feminin atau flower-based. “Pewangi pada produk pria dan wanita berbeda, tapi jika bicara soal kandungan bahan-bahan untuk kulit pria vskulit wanita, sebenarnya nyaris identik,” ujar Dr. Buka.

Pergerseran Perilaku ‘Mars’ ke ‘Venus’

Hermawan Kertajaya dalam buku ‘Marketing in venus’ (2003), menyatakan apabila dilihat dari karakter konsumen yang emosional jelas diduduki posisinya oleh wanita, tetapi menurut Hermawan dunia sudah terbalik kaum pria ternyata sekarang jauh lebih emosional disbanding wanita.

Digambarkan dunia mars yang dihuni lelaki sekarang berubah menjadi Venus yang banyak dihuini kaum wanita. Dari perubahan trend pola prilaku inilah lahirlah fenomena “Metroseksual” dalam trend pemasaran, istilah ini diambil dari penulis Inggeris Mark Simpson yang mengartikan konsumen metroseksual ini sebagai “sosok pria dandy yang mencintai dirinya sendiri (narcisis) dan juga gaya hidup urbannya”

Menurut Hermawan fenomena ini lahir akibat banyaknya wanita bekerja disektor yang dahulu didominasi kaum pria sehingga proporsi kerja kerah putih ini semakin bertambah yang menyebabkan pria dituntut tampil menarik dan promosi trend majalah pria yang merubah image pria dandy dan fashionable.

 

Tags: METROSEKSUALPERAWATAN TUBUH PRIAPERSONAL CAREPRIA KOTASABUN WAJAH
Next Post

TRIK MENGHINDARI JEBAKAN FINTECH ABAL-ABAL

Next Post

TRIK MENGHINDARI JEBAKAN FINTECH ABAL-ABAL

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STAY CONNECTED

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

March 9, 2024
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

January 23, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

October 17, 2024
Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

5
Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

4
BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

2
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

1
Definisi dan Prinsip Pemasaran Media Sosial

Definisi dan Prinsip Pemasaran Media Sosial

May 14, 2025
Pengukuran Kinerja dan Dampak Kewirausahaan Sosial

Pengukuran Kinerja dan Dampak Kewirausahaan Sosial

May 13, 2025
Kain yang Bicara:  Mode, Makna, dan Tanggung Jawab terhadap Bumi

Kain yang Bicara: Mode, Makna, dan Tanggung Jawab terhadap Bumi

May 14, 2025
Dampak Kemajuan Industri China Terhadap Perubahan Iklim Dunia

Dampak Kemajuan Industri China Terhadap Perubahan Iklim Dunia

May 7, 2025
  • Penggolongan Koperasi

    Penggolongan Koperasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Lima Elemen Kualitas Layanan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • MENGENAL PHILIP KOTLER DAN PEMASARAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
FORKA

A research and training center focus on economic empowerment base on social entrepreneurship and digital technology #IndonesiaBerdaya

Email: idforka@gmail.com
Whatsapp: 0851-5840-5844

RECENT NEWS

Definisi dan Prinsip Pemasaran Media Sosial

Definisi dan Prinsip Pemasaran Media Sosial

May 14, 2025
Pengukuran Kinerja dan Dampak Kewirausahaan Sosial

Pengukuran Kinerja dan Dampak Kewirausahaan Sosial

May 13, 2025
Kain yang Bicara:  Mode, Makna, dan Tanggung Jawab terhadap Bumi

Kain yang Bicara: Mode, Makna, dan Tanggung Jawab terhadap Bumi

May 14, 2025

POPULAR POST

Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

March 9, 2024
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

January 23, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
  • TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI

© 2021 Forka Indonesia

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI

© 2021 Forka Indonesia