• TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
FORKA
Indonesia Imaji
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
No Result
View All Result
FORKA
No Result
View All Result

MEMILIH STRATEGI HARGA YANG TEPAT

FORKA INDONESIA by FORKA INDONESIA
December 29, 2019
in Uncategorized
0
MEMILIH STRATEGI HARGA YANG TEPAT
0
SHARES
25
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Salah satu kegiatan penting yang berkaitan dengan pelaku usaha adalah memilih harga yang tepat untuk produk atau jasa Anda. Harga termasuk dalam unsur 4P, yaitu Price, Place, Promotion, dan Produk.

Tapi untuk artikel ini kita hanya akan membahas tentang strategi harga yang sesuai untuk perusahaan Anda; tapi mari kita pertama meninjau beberapa istilah dasar.

Harga (price) adalah sejumlah uang atau nilai yang diberikan dalam pertukaran barang atau jasa.

Strategi penentuan harga harus didahului dengan memahami segmen pasar yang ditargetkan, lingkungan pasar, kompetisi, tujuan keuangan internal, proses pembayaran pembeli, masalah waktu pertukaran internasional dan yang paling penting, tujuan dan sasaran perusahaan Anda.

Beberapa tujuan penetapan harga di antaranya: tujuan keuntungan atau margin, meningkatkan pangsa pasar, tujuan ROI, menjaga atau memegang volume penjualan atau mempertahankan pangsa pasar Anda.

Beberapa atribut pricing adalah: daftar harga (harga diterbitkan), diskon, dan persyaratan kredit.

Berikut adalah beberapa strategi pricing yang sering digunakan:

  • Strategi harga ROI (ROI pricing strategy), yaitu menggunakan laba atas perhitungan investasi untuk menetapkan harga produk berdasarkan waktu yang ditetapkan dan struktur keuntungan.
  • Strategi Harga Skimming adalah di mana barang dijual dengan harga yang lebih tinggi sehingga untuk mencapai titik impas hanya diperlukan sedikit penjualan unit. Berbeda dengan strategi harga penetrasi, yang memerlukan penetapan harga rendah dengan tujuan menarik pelanggan dan mendapatkan pangsa pasar..
  • Strategi harga Freemium, yaitu menawarkan produk atau layanan gratis dan kemudian pengisian premium untuk fitur atau fungsi yang lebih canggih.
  • Strategi harga marjinal adalah pengaturan harga suatu produk untuk sama dengan biaya tambahan memproduksi unit output tambahan.
  • Strategi harga Agresif (predatory)  digunakan terhadap pesaing. Ini adalah ilegal di beberapa negara
  • Strategi harga premium adalah praktek menjaga harga produk atau jasa yang terlalu tinggi untuk mendorong persepsi yang menguntungkan antara pembeli.
  • Strategi diskriminasi harga adalah menetapkan harga yang berbeda untuk produk yang sama di segmen pasar yang berbeda.

Seperti yang Anda lihat, keputusan harga tidak satu dimensi, tetapi harus dilihat dari berbagai aspek.

Yang paling penting, apakah tujuan penetapan harga Anda mendukung strategi dan tujuan perusahaan Anda? Jika tidak, maka Anda hanya akan membuang-buang banyak waktu, tenaga, uang dan sumber daya!

 

Previous Post

CARA MENJADI MANAJER SUMBER DAYA MANUSIA

Next Post

MENYUSUN RENCANA BISNIS (BUSINESS PLAN)

Next Post
MENYUSUN RENCANA BISNIS (BUSINESS PLAN)

MENYUSUN RENCANA BISNIS (BUSINESS PLAN)

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STAY CONNECTED

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

June 29, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

October 17, 2024
Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

Generasi Pribumi Digital dan Urgensi Studi Bisnis Digital

5
Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Tempat Hand Sanitizer

4
BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

BISNIS YANG DIPREDIKSI SEGERA TUMBUH PASCA PANDEMI COVID-19

2
Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

1
Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

July 12, 2025
Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

July 9, 2025
Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

July 9, 2025
Mahasiswa KKN Untidar Revitalisasi Lapangan Desa Selokromo Bersama Pemuda

Mahasiswa KKN Untidar Revitalisasi Lapangan Desa Selokromo Bersama Pemuda

July 9, 2025
  • Penggolongan Koperasi

    Penggolongan Koperasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Lima Elemen Kualitas Layanan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengubah Masalah Menjadi Ide Usaha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • MENGENAL PHILIP KOTLER DAN PEMASARAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
FORKA

A research and training center focus on economic empowerment base on social entrepreneurship and digital technology #IndonesiaBerdaya

Email: idforka@gmail.com
Whatsapp: 0851-5840-5844

RECENT NEWS

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

Mahasiswa KKN 18 Untidar Bantu UMKM Selokromo dari Branding hingga Packaging

July 12, 2025
Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

Digital Business Expo 2025 Jadi Ajang Pamer Produk Mahasiswa Politeknik Akbara

July 9, 2025
Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

Penggunaan AI di Kampus; Solusi Cerdas untuk Pengelolaan Energi Berkelanjutan

July 9, 2025

POPULAR POST

Penggolongan Koperasi

Penggolongan Koperasi

June 29, 2025
Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

Memahami Teknologi dan Proses Produksi Ramah Lingkungan

July 7, 2025
Lima Elemen Kualitas Layanan

Lima Elemen Kualitas Layanan

October 19, 2024
  • TENTANG KAMI
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI

© 2021 Forka Indonesia

No Result
View All Result
  • BERANDA
  • FORKA INSTITUE
    • RISET
    • DISKUSI
  • SOCIAL ENTERPRISE
  • BERITA
  • OPINI
  • AKADEMI
  • BISNIS
  • KOMUNITAS
  • KIRIM TULISAN
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI

© 2021 Forka Indonesia